Sukses

Parenting

Begini Cara Membersihkan Sisa Susu di Lidah Bayi, Moms!

Bayi yang baru lahir tentunya hanya bergantung pada makanan utama berupa susu ibu atau susu formula. Namun terlalu banyak minum susu juga bisa menimbulkan lapisan putih yang menutupi lidah bayi. Lapisan tersebut adalah sisa susu yang menempel di lidah bayi.

Hal ini tentu wajar dialami bayi, namun terkadang banyak ibu khawatir dengan lapisan putih ini, karena terkadang lapisan susu ini bisa menyebabkan panas dalam dan masalah kesehatan lain pada bayi jika tidak dibersihkan.

Lalu bagaimana cara membersihkannya? Tips dari ibu Ivana Angelina dari Babyologist lewat Liputan6.com, adalah seperti ini.

 

 

Bahan yang Diperlukan untuk Membersihkan Lidah Bayi

Membersihkan lidah bayi sangat penting untuk menjaga kebersihannya. Adapun bahan yang diperlukan untuk membersihkan antara lain kain kasa steril, gelas, dan air hangat. Cukup mudah bukan untuk mendapatkannya?

 

Cara Membersihkan Lidah Bayi

Cara membersihkan lidah bayi sebagai berikut:

  1. Cuci tangan dengan sabun hingga bersih, keringkan.
  2. Lilitkan kain kasa di jari telunjuk.Celupkan kain kasa ke dalam air hangat.
  3. Dan bersihkan lidah bayi. Gosok perlahan searah dan jangan terlalu dalam ke mulut bayi.

Membersihkan lidah bayi ini bisa dilakukan seminggu sekali atau setiap hari jika Moms cukup rajin dan jika memang lapisan sisa susu mudah menumpuk di lidah bayi. Hindari juga membersihkan lidah anak sesudah ia makan, karena bisa menyebabkan muntah atau gumoh.

Lebih baik membersihkan lidah bayi sebelum ia makan dan pastikan bayi nyaman saat kamu melakukan pembersihan lidah ya Moms. Semoga bermanfaat dan semoga si kecil tetap sehat dan ceria ya Moms.

What's On Fimela
Loading