Sukses

Parenting

4 Cara Menenangkan Anak yang Sedang Marah dan Berulah

Menjadi orangtua adalah tantangannya tersendiri bagi setiap orang, apalagi perihal menghadapi perilaku anak yang terkadang tak terduga. Anak bisa saja marah dan tantrum di depan umum karena keinginannya tidak dituruti sehingga seringkali membuat malu. Pada akhirnya, Moms juga ikutan emosi menghadapi hal ini.

Jangan sampai kehilangan kendali Moms. Penting bagi orang tua agar tetap merasa tenang sehingga perilakunya bisa menjadi panutan buat anak. Ada beberapa hal yang bisa Moms lakukan untuk menghadapi anak yang sedang marah dan berulah, menurut Viona Visha dari Babyologist.

1. Atur napas
Jangan langsung marah, pejamkan mata dan ambil napas dalam-dalam kemudian hembuskan. Atur napas untuk mengeluarkan emosi negatif. Cara ini bisa membuatmu lebih tenang dan berpikir lebih strategis untuk menghadapi anak kecil.

2. Tenangkan anak
Dudukkan anak, Belai rambut dan punggungnya sehingga tangis dan teriakannya mereda. Setelah tenang, tanya baik-baik apa yang salah dengan anak, apa maunya dan apa yang bisa Moms lakukan.

3. Kontak mata
Penting sekali menyampaikan nasihat pada anak dengan menatap matanya. Lakukan kontak mata untuk memberikan ketegasan pada anak bahwa apa yang ia lakukan tidak baik. Tidak perlu menggunakan kata-kata keras dan kasar apalagi dengan intonasi tinggi, cukup kontak mata yang tegas.

4. Peluk anak
Bawa anak ke dalam pelukan agar lebih tenang dan merasa nyaman. Setelah menasihatinya, ucapkan terima kasih jika ia sudah mengerti. Dengan begini, anak akan merasa lebih dihargai.

Anak yang rewel apalagi hingga marah dan berulah di depan umum memang memicu emosi, namun jangan sampai kehilangan kendali ya Moms.

Sumber: Liputan6.com

(vem/feb)
;
Loading