Sukses

Parenting

ASI Eksklusif Bermanfaat Meningkatkan Sistem Imunitas Bayi

Hari ini tepat tanggal 1 Agustus 2018. Perlu kita tahu, awal Agustus tepatnya di minggu pertama selama ini ditetapkan sebagai pekan ASI dunia. Mengingat bahwa ASI (Air Susu Ibu) sangat penting bagi tumbuh kembang buah hati khususnya mereka yang masih bayi, para mom sebaiknya memberi ASI eksklusif buat buah hati.

Melansir dari laman healthychilndren.org, salah satu manfaat ASI adalah meningkatkan sistem imunitas bayi. Kandungan gula, protein dan lemak dalam ASI dipercaya sebagai kebutuhan utama bayi agar bisa tumbuh dan berkembang dengan sehat.

Air Susu Ibu mengandung antibodi, enzim dan sel-sel darah putih yang sangat baik dalam menunjang kesehatan bayi. Nutrisi ini juga sebagai nutrisi yang mendukung tubuh bayi terhindar dari masalah infeksi atau pun berbagai jenis penyakit.

Menariknya ASI buat kesehatan bayi adalah, ketika mom flu dan menyusui bayi, hal itu tidak akan berpengaruh pada bayi. Ini mengingat ASI yang dikonsumsi bayi dari sang ibu mengandung antibodi yang berfungsi melawan kuman atau bakteri penyebab flu. Tak hanya melawan kuman penyebab flu, antibodi yang ada pada ASI juga dikatakan bisa melawan kuman lain penyebab infeksi telinga, diare, muntah-muntah, pneumoni, infeksi saluran kencing hingga beberapa masalah penyebab meningitis.

Para ahli mengungkapkan jika nutrisi yang terkandung pada ASI juga sangat baik bagi sistem pencernaan bayi. Bayi yang mengonsumsi ASI eksklusif setidaknya selama 2 tahun, ia juga bisa memiliki otak yang cerdas, pola pikir yang lebih dewasa dan sikap yang lebih ramah serta sabar. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan bahwa bayi yang diberi susu formula jauh dari hal ini.

Bayi dengan susu formula tetap akan menjadi pribadi yang cerdas, memiliki pola pikiran dewasa dan sikap ramah serta sabar selama ia mendapat didikan yang terbaik pula dari orang tua serta lingkungan sekitarnya.

Karena ASI begitu penting untuk tumbuh kembang buah hati, pastikan bahwa mom memberi asupan ASI cukup buatnya. Semoga informasi ini bermanfaat.

(vem/mim)
;
Loading