Sukses

Parenting

4 Cara Biasakan Anak Bisa Tidur di Kamar Sendiri

Mom, apakah si kecil sudah bisa tidur sendiri? Atau masih tidur dengan orangtua? Jika iya, maka sadarilah untuk melatihnya tidur sendiri sejak dini. Faktanya, anak bisa dilatih tidur di kamar sendiri pada usia 2-3 tahun. Namun, dilansir dari Parentalk menurut psikologi Monica Sulistiawati, usia 6-7 tahun adalah waktu yang efektif untuk anak memiliki privasi sendiri.

Untuk Mom yang masih bingung bagaimana mengarahkan si kecil untuk biasa tidur sendiri sejak balita, berikut ini tips yang bisa dilakukan.

1. Siapkan kamar yang nyaman
Ketika si kecil punya kamar yang nyaman, maka ia akan merasa memiliki 'rumah; untuknya. Mom bisa menyiapkan segala peralatan seperti desain kamar, warna sprei, gorden, atau pernak pernik lainnya untuk mempercantik kamar. Dengan begitu ia akan merasa memiliki kamar tersebut dan merasa betah.

2. Beri sentuhan sayang
Mom bisa mencium, memeluk, ataupun membelainya saat ia mau tidur. Sikap ini akan bisa membuat anak merasa tenang dan nyaman.

3. Beri nyanyian biar tenang
Selain sentuhan, Mom juga bisa bernyanyi atau bersenandung lembut sampai ia mengantuk dan tidur. Sesekali cobalah memberinya hadiah atas usahanya untuk tidur sendiri.

4. Biasakan secara perlahan
Anak yang terbiasa tidur dengan orangtua, akan merasa kaget jika tiba-tiba ia diminta untuk tidur sendiri di kamar yang terpisah. Hal ini akan membuatnya trauma dan susah tidur, bahkan merasa disingkarkan oleh orangtua. Untuk menghindarinya, Moms bisa membiasakan si kecil untuk tidur sendiri secara perlahan.

Moms, usahakan untuk konsisten melakukan kebiasaan ini. Dengan begitu si kecil akan mandiri dan bisa tidur sendiri di kamarnya. Anggaplah hal ini sebagai proses belajarnya untuk bisa menjadi mandiri. Jika ia sudah terbiasa dan tiba-tiba meminta untuk tidur dengan Mom bisa saja dia lagi kangen dengan orangtuanya.

(vem/mgg)
Loading
Artikel Selanjutnya
4 Efek Buruk Kesehatan Jika Anak Terbiasa Tidur Larut Malam
Artikel Selanjutnya
3 Cara Agar Anak Tidak Takut Diajak Keramas