Sukses

Parenting

Menurut Studi, Ayah yang Dekat dengan Anak Meningkatkan Kecerdasan Anak

Seberapa dekat kamu dengan sosok ayah? Seberapa dekat pula buah hati kamu di rumah dengan ayahnya? Umumnya, anak-anak akan dekat dengan ibunya. Tapi, tidak sedikit pula yang begitu dekat dengan sang ayah.

Melansir dari laman Liputan6.com, baik ibu maupun ayah sama-sama memiliki kewajiban untuk menjadi sosok yang dekat dengan anak. Sesibuk apapun keduanya, disarankan agar tetap punya waktu untuk sang anak. Ketika anak dekat dengan kedua orang tuanya, anak bisa tumbuh dan berkembang menjadi anak yang penuh percaya diri. Anak juga bisa menjadi sosok yang begitu dihargai dan disayangi.

Bagi anak, sosok ibu adalah malaikat yang memberi kasih sayang tulus. Ibu adalah sosok untuk menuangkan keluh kesah juga bahagia. Ibu juga merupakan sosok yang begitu hangat dan penuh cinta. Sedangkan sosok ayah, sering kali ia menjadi panutan dari anak laki-laki dan idola bahkan cinta pertama bagi anak-anak perempuan.

Ayah yang dekat dengan anak bisa membuat tumbuh kembang anak jadi lebih baik/copyright pexels.com/Josh Willink

Ayah yang dekat dengan anak bisa memiliki dampak positif bagi tumbuh kembang fisik maupun psikis anak. Beberapa studi menyebutkan bahwa ayah yang dekat dengan anak bisa meningkatkan kecerdasan anak. Ayah yang dekat dengan anak juga bisa membuat anak punya rasa percaya diri cukup baik, mudah bergaul dengan lingkungan sosialnya, punya jiwa menyenangkan dan bisa berpikir lebih logis tanpa mengeyampingkan perasaan.

Ayah yang peduli dan dekat dengan anak ayang berpengaruh pada tumbuh kembang psikologi anak. Saat anak dewasa, anak laki-laki akan memiliki prinsip teguh seperti sang ayah. Sedangkan untuk anak perempuan, saat dewasa kelak ia tidak akan mudah terbujuk rayu laki-laki di luar sana, lebih percaya diri dan mandiri.

Sosok ibu memang membuat anak merasa sangat nyaman dan aman. Tapi sosok ayah juga sangat penting bagi anak. Terutama dalam hal tumbuh kembang anak yang mendorong anak menjadi pribadi cerdas, mandiri dan penuh percaya diri.

(vem/mim)
Loading
Artikel Selanjutnya
Moms, Begini Cek Perkembangan Pendidikan Anak Lewat Gawai
Artikel Selanjutnya
Pilih Mana, Menitipkan Anak ke Kakek-Nenek atau Pengasuh?