Sukses

Parenting

Biarkan Bayi Bertelanjang Kaki Justru Baik Buat Kesehatannya

Terkadang banyak orang suka memakaikan kaus kaki atau sepatu pada bayi yang berumur beberapa bulan. Alasannya tentu agar kaki bayi tidak kedinginan atau mungkin agar tidak digigit nyamuk. Namun tahukah Moms bahwa ternyata membiarkan kaki bayi telanjang begitu saja justru bisa membantu pertumbuhan kaki yang baik untuk bayi?

Seperti dilansir Liputan6.com dari Babyologist bahwa membiarkan bayi bertelanjang kaki memiliki manfaat tersendiri. Pemakaian alas kaki pada bayi yang terlalu lama justru bisa mengganggu perkembangan sensorik dan motorik telapak tangan dan jemari bayi.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal podiatri The Foot tahun 2007 menunjukkan bahwa perubahan struktural dan fungsional kaki anak dapat muncul akibat kaki yang dipaksa menyesuaikan diri dengan bentuk dan ukuran sepatu yang tak memberi kesempatan kakiĀ untuk tumbuh dengan alami.

Kaki bayi sebaiknya tidak terlalu lama dipakaikan kaus kaki/copyright Pexels.com/Rene Asmussen

Begitu pula untuk pemakaian sarung tangan pada bayi. Ia tidak bisa merasakan sensasi dari benda yang dipegangnya. Memakaikan kaus kaki atau sarung tangan pada bayi sebenarnya tidak harus sepanjang hari, cukup saat bepergian jauh saja dan pastikan tidak terlalu ketat, agar aliran darah tetap lancar. Ketika di rumah, sebaiknya cukup ditutupi selimut, tidak perlu dipakaikan kaus kaki dan sarung tangan.

Membiarkan bayi bertelanjang kaki akan melatihnya menerima informasi sensorik dari telapak kaki mereka. Namun bagaimana jika tangan anak mencakar wajahnya sendiri dan timbul kekhawatiran lain? Cara paling tepat adalah rajin memotong kukunya, Moms.

Sumber: Liputan6.com

(vem/feb)
Loading