Sukses

Parenting

Jadwal Memberikan MPASI Pada Bayi, Jangan Sampai Salah Ya

Memberikan ASI secara eksklusif memang disarankan diberikan sampai bayi usia 24 bulan. Namun, dalam perkembangannya bayi yang sudah berusai 6 bulan dapat diberikan makanan pendamping ASI (MPASI). Makanan pendamping ini diberikan karena bayi dirasa memiliki aktifitas yang padat sehingga membutuhkan energi yang banyak.

Dalam praktiknya asupan pendamping ASI ini diberikan sesuai dengan umur bayi. Jangan terlalu sering ataupun jarang. Mom, berikut ini adalah saran terbaik berapa kali untuk memberikan MPASI pada bayi berdasarkan umurnya. Cek penjelasannya di bawah ini.

Bayi Usia 6 Bulan

Saat bayi berusia 6 bulan, atau masih awal menerima asupan MPASi sebaiknya cukup dua kali sehari saja. Jangan berlebihan karena pencernaan bayi masih berlatih untuk mencerna makanan padat dan asupan selain ASI.

Bayi Usia 6-9 Bulan

Bayi pada usia ini sudah mulai mengenal MPASI, bayi juga sudah mulai terbiasa mencerna makanan yang padat. Saat usia ini mom dapat memberikan MPASI 3 kali sehari sudah termasuk dengan snack atau buah potong.

Bayi Usia 9-11 Bulan

Saat usia 9-11 bulan bayi sudah mulai kuat. Ia juga sudah mengenal berbagai macam makanan. Bayi pada usia ini juga sudah memiliki aktifitas yang padat. Maka bayi di usia 9-11 bulan disarankan untuk diberi 4 kali MPASI dan snack.

Bayi Usia 12-24 Bulan

Bayi di atas usia 1 tahun sudah memiliki aktifitas yang padat. Mom dapat memberikan MPASI 5 kali sehari. Jangan lupa untuk menambahkan snack untuk asupan nutrisi hariannya.

Mom, demikian saran pemberian MPASI pada bayi. Semoga informasi ini bermanfaat dan si kecil tumbuh sehat dan kuat.

(vem/apl)
Loading