Sukses

Parenting

Anak Sering Tidur Larut Malam, Kenali Dampak Negatifnya Bagi Kesehatan

Sebagai orang tua, kita harus memastikan bahwa buah hati memiliki pola hidup yang sehat. Kita juga penting memastikan bahwa mereka memiliki waktu istirahat cukup. Hal ini mengingat bahwa memiliki istirahat cukup bisa menunjang tumbuh kembang anak dengan lebih baik.

Namun sayangnya, tidak sedikit dari orang tua yang membiarkan anak-anak mereka tidur terlalu larut malam setiap harinya. Tidak sedikit orang tua yang membiarkan anak-anak mereka tidur di atas jam 10 malam dan membiarkan mereka terus bermain atau sekedar menonton TV. Melansir dari laman Step to Health, membiarkan anak tidur terlalu larut malam tentu sangat tidak baik buat kesehatan anak. Ada beberapa dampak negatif dari kebiasaan tidur larut malam.

Apa saja dampak negatif tersebut? Simak yang berikut ini.

Kesulitan Konsentrasi
Kebiasaan tidur yang buruk atau terlalu larut malam setiap harinya bisa berpengaruh pada psikis anak. Tidur yang kurang sering kali menyebabkan pikiran kurang fokus, kurang konsentrasi dan lambat. Anak-anak yang terbiasa tidur larut malam, ini akan meningkatkan risiko malas, mudah mengantuk saat siang dan kemampuan menyerap pelajaran di sekolah berkurang.

Mengantuk di Siang Hari
Anak-anak yang tidur terlalu larut hingga membuatnya kurang istirahat, ini akan membuatnya mengantuk sepanjang siang hari. Selain mengantuk, mereka juga akan memiliki suasana hati serta semangat yang kurang maksimal.

Anak Berisiko Obesitas
Beberapa penelitian menyebutkan bahwa anak yang kurang tidur atau tidur terlalu larut malam, mereka bisa mengalami obesitas. Bagaimana bisa? Di saat anak seharusnya tidur, besar kemungkinan ia akan makan atau mengonsumsi sesuatu yang bisa membuatnya mengalami kegemukan. Anak yang tidur larut malam besar kemungkinan juga akan bangun telat saat pagi hari. Inilah yang menjadi penyebab utama kenapa anak berisiko obesitas.

Anak Cepat Lelah
Kualitas tidur yang buruk bikin anak cepat lemas dan lelah. Kalau sudah cepat lemas dan lelah, hal ini bisa berpengaruh buruk terhadap aktivitas anak.

Mom, itulah beberapa dampak negatif dari kebiasaan tidur terlalu larut bagi anak. Untuk itu, penting bagi kita agar mengajak anak lekas tidur di waktu yang tepat. Jika anak terbiasa tidur terlalu larut, secara pelan tapi pasti usahakan untuk mengubah pola tidur tersebut agar menjadi lebih baik lagi.
Sumber: Liputan6.com



(vem/mim)
Loading
Artikel Selanjutnya
Kapan Baiknya Mengenalkan Air Putih ke Bayi?
Artikel Selanjutnya
4 Cara Biasakan Anak Bisa Tidur di Kamar Sendiri