Sukses

Parenting

Begini Cara Mudah Mengajarkan Anak Memasak, Simpel Kok!

Kesabaran sangatlah diperlukan dalam mengajarkan anak mencoba sesuatu hal yang baru. Salah satunya adalah mengajarkan cara memasak pada anak. Jangan takut jika ia nanti terluka, Mom bisa mengajaknya dengan memasak reesp yang mudah terlebih dahulu.

Berdasarkan jurnal yang diterbitkan CDC’s Preventing Chronic Disease: Public Health Research, Practice and Policy, anak yang sejak dini belajar memasak dan menghabiskan waktunya menyiapkan makanan untuk keluarga akan lebih bisa mengembangkan kebiasaan makannya. Perkembangan yang dimaksud adalah anak bisa mengonsumsi lebih banyak buah dan sayuran serta bisa lebih menerima makanan yang belum pernah dicicipinya. Dengan mengajak si kecil memasak, pastinya ia akan bisa belajar banyak hal baru seperti warna, tekstur, dan aroma dari makanan.

Nah, untuk Mom yang tertarik mengajak si kecil memasak, ada baiknya ikuti 3 cara mudah berikut ini.

1. Berikan peran dan tugas masing-masing pada anak
Mom bisa menyuruh sang kakak untuk memotong atau mengupas sayuran, dengan begitu ia akan belajar tekstur dan aroma dari makanan. Sedangkan untuk adik bisa membantu mencampurkan adonan untuk melatih gerak motoriknya. Dengan begini, mereka bisa belajar hal baru dan lebih aktif melakukan suatu kegiatan positif bersama keluarga.

2. Cobalah dengan resep yang simpel dan sederhana
Memang mengajar anak memasak susah-susah gampang, namun Mom bisa menyiasatinya dengan menyiapkan bahan-bahan yang simpel dan mudah dikenalinya sehingga ia bisa tertarik untuk memasak. Resep yang simpel hanya membutuhkan bahan dan cara pembuatannya yang simpel juga. Mom juga bisa mengajaknya untuk memasak makanan kesukaannya lho!

3. Terapkan tema makanan biar suasana makin seru
Selain resep yang mudah, tema makanan juga bisa jadi faktor penting agar ia bisa belajar cara memasak. Mom bisanya mengajarinya membuat makanan Italia seperti spaghetti ataupun macaroni schotel yang pastinya enak dan juga sehat. Mom dan si kecil bisa berdiskusi terlebih dulu akan memasak apa terlebih dahulu agar bisa punya waktu persiapan yang banyak.

Pastinya si kecil akan semakin senang memasak dan bisa membagi makanan tersebut dengan para anggota keluarga. Siapa tahu dia bisa jadi koki yang handal di masa depan. Kegiatan bersama keluarga juga jadi makin seru deh!

(vem/mgg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading