Sukses

Parenting

Mom, Ini Manfaat Dot untuk Bayi yang Harus Diketahui

Dot atau empeng bayi memiliki fungsi untuk pengganti susu ibu sekaligus untuk memberikan rasa nyaman pada bayi. Biasanya hal ini dilakukan agar bayi tidak terlalu sering pada ibu. Namun, ternyata penggunaan dot ada sisi positif dan negatifnya juga.

Salah satunya adalah WHO dan UNICEF menyarankan untuk tidak memberikan dot kepada bayi. Hal ini dilakukan agar proses menyusui tidak terganggu. Seperti yang dilansir dari Parentalk yang mengutip dari situs Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), berikut ini manfaat dot bagi bayi dan balita.

1. Untuk memenuhi kebutuhan NNS bayi
Non-nutritive sucking (NNS) atau menghisap tanpa minum (susu atau cairan lainnya) berarti bayi akan mengalami hal alami untuk bisa merasakan kenyamanan dengan menghisap ibu jari atau jari lainnya. IDAI pun menyarankan saat NNS bayi lebih baik memakai dot ketimbang ibu jari dan lainnya. Dengan memakai dot, bayi bisa lebih mudah disapih daripada menghisap jari.

2. Bisa menolong bayi prematur
Berdasarkan Field (2003), bayi-bayi prematur yang di rawat intensif bisa mengalami kenaikan berat badan saat memakai dot, mengurangi kejadian enterokolitis nekrotikan (penyakit serius saluran pencernaan), serta memperpendek masa perawatan. Dot atau NNS tentunya akan bisa memperkuat otot-otot mulut sehingga bisa memudahkan pemberian minum oral pada bayi sebelum menggunakan selang.

3. Mengurangi risiko SIDS
Sindrom kematian bayi mendadak (SIDS) rentan terjadi pada bayi sampai berusia satu tahun. Memang belum diketahui penyebabnya, namun diduga berdasarkan sejumlah penelitian hal ini bisa diatasi dengan penggunaan dot yang dapat menurunkan kemungkinan terjadinya SIDS.

4. Bisa membuat rasa nyaman
Berdasarkan American Academy of Pediatrics atau Ikatan Dokter Anak Amerika menyarankan bayi menggunakan dot saat tidur. Sehingga bayi bisa merasa nyaman saat tidur maupun saat berpisah dengan ibu.

Nah, jika sudah tahu manfaatnya Mom bisa memanfaatkan dot atau empeng untuk bisa merasakan kelima manfaat di atas. Semoga bermanfaat.

 

(vem/mgg)
What's On Fimela
Loading