Sukses

Parenting

Ketahui 5 Hal yang Wajib Dipertimbangkan Sebelum Memiliki Anak

Setelah menikah setiap pasangan pastinya akan selalu ditanyai, "kapan punya anak?" oleh orang-orang terdekat. Tentunya hal ini akan menjadi dilema saat memutuskan untuk memiliki buah hati. Sebelum kamu buru-buru memutuskan untuk memiliki anak, ada baiknya kamu perlu mempertimbangkan berbagai hal yang tidak hanya menyangkut pasangan namun dirimu juga.

Seperti yang dilansir dari Bridestory, kamu perlu mendiskusikan hal ini dengan pasangan sebelum menjalani program kehamilan.

1. Kehamilan
Hal inilah yang harus selalu dipertimbangkan untuk kamu dan pasangan. Kalian harus mempertimbangkan ingin segera hamil atau ingin menunda kehamilan. Dengan berdiskusi untuk menentukan kehamilan, pastinya kalian akan lebih siap untuk menjadi orangtua nanti. Jangan sampai kalian menyesal dan meninggalkan sesuatu yang berharga hanya karena ingin segera hamil dengan alasan didesak keluarga.

2. Karier
Untuk kamu wanita karir, apakah kamu sudah mempertimbangkan karir saat memiliki anak? Jika iya kamu seharusnya sudah bisa membagi waktu antara pekerjaan dengan keluarga. Jika kamu ingin tetap meneruskan karir, selalu diskusi dan bekerja samalah dengan pasangan agar bisa menciptakan lingkungan yang sehat untuk buah hati nanti.

3. Hubungan
Jika kamu dan pasangan masih sering labil dan bertengkar, ada baiknya mulai kurangi kebiasaan tersebut. Kalian harus bisa menyelesaikan masalah dengan sikap yang dewasa. Memiliki anak hanya akan menambah tekanan kalian jika emosi masih belum stabil. Dengan lebih bisa mengatur emosi dan bisa menemukan solusi setiap ada masalah, pastinya hal itu bukanlah halangan untuk memiliki anak.

4. Keuangan
Memang kamu ataupun pasangan sudah memiliki pekerjaan tetap, namun sudahkah kamu bisa mengatur finansial seperti cicilan rumah, kebutuhan rumah tangga, bahkan kebutuhan si kecil nanti? Pasalnya memiliki anak butuh biaya yang cukup besar. Selain mengatur biaya program kehamilan, kamu juga harus mengatur biaya yang diperlukan selama pertumbuhan sang buah hati. Jika kamu masih tidak punya tabungan yang stabil, maka kamu harus pertimbangkan lagi keputusan tersebut.

5. Perubahan prioritas
Memiliki buah hati tentunya akan sangat berpengaruh pada prioritas kalian. Misalnya apakah kamu rela jika mengorbankan segala hal untuk kebutuhan si kecil? Buah hati sangatlah butuh kenyamanan dan perhatian dari orangtuanya, maka kalian harus lakukan yang terbaik untuknya.

Nah, kelima tersebut bisa kamu pertimbangkan bersama pasangan secara perlahan sebelum memutuskan untuk mengikuti program hamil. Kamu dan pasangan bisa selalu berdiskusi dan mencari solusi yang tepat agar siap memiliki buah hati.

(vem/mgg)
Loading
Artikel Selanjutnya
4 Manfaat Prenatal Gentle Yoga untuk Kondisi Mental Ibu Hamil
Artikel Selanjutnya
5 Makanan yang Dapat Mengurangi Mual Saat Hamil