Sukses

Parenting

Ini Bahayanya Oleskan Baby Oil dan Minyak Zaitun pada Bayi

Menggunakan baby oil dan minyak zaitun dipercaya bisa memberikan manfaat sehat pada kulit tubuh. Mengoleskan dua jenis minyak ini pada kulit bayi juga mungkin sudah menjadi hal wajar dilakukan banyak orangtua.

Dari namanya saja, baby oil memang diperuntukkan bayi. Sedangkan mengoleskan minyak zaitun punya kandungan sehat menutrisi kulit sehingga lembut dan sehat. Tapi tahukah Moms, bahwa sebaiknya hati-hati mengoleskan baby oil dan minyak zaitun pada bayi karena ternyata menyimpan bahaya.

Diungkapkan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Bamed Skin Care, Matahari Arsy, bahwa kulit bayi bisa mengalami iritasi jika dioleskan minyak ini. Kulit bisa mengelupas, kemerahan dan bertekstur basah bahkan mengalami luka terbuka yang memicu infeksi. Beberapa penelitian sudah membuktikannya.

Padahal selama ini banyak orang tua meyakini bahwa mengoleskan baby oil dan minyak zaitun mampu menghangatkan tubuh dan bisa menjadi minyak oles pijat bayi.

Oleh karena itu, penting sekali melihat kandungan minyak yang akan dioleskan ke tubuh bayi. Dokter Arsy menyarankan menggunakan minyak berbahan biji bunga matahari jika ingin mengoleskan pada kulit bayi. Minyak ini dinilai aman dan tidak menimbulkan iritasi. Kalaupun masing ingin mengoleskan, sebaiknya tidak terlalu sering.

Jadi Moms, mulai sekarang jangan sembarangan mengoleskan minyak ke kulit bayi ya. Perhatikan juga keamanan dan keselamatan bayi.

Sumber: Liputan6.com

(vem/feb)
Loading