Sukses

Parenting

Apa yang Dilakukan Vaksin MR di Dalam Tubuh dan Pada Bayi?

Para wanita anti vaksin mungkin masih belum percaya sepenuhnya bahwa vaksin sudah halal dan sangat dianjurkan untuk diambil sebelum hamil. Pemberiaan vaksin bukan tanpa alasan. Vaksin ditujukan untuk melindungi sang ibu dan bayi di dalam kandungan hingga akhirnya bisa melahirkan bayi yang sehat.

Namun apakah yang sebenarnya dilakukan vaksin MR di dalam tubuh? Dilansir dari Healthline.com, vaksin MR melindungi tubuh terhadap tiga penyakit utama, yaitu campak, gondok, dan rubella. Penyakit-penyakit tersebut dapat menimbulkan komplikasi kesehatan serius pada ibu dan anak, bahkan berisiko kematian.

Vaksin akan meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit tertentu, dan dalam kasus vaksin MR, adalah mencegah tiga penyakit tersebut. Penyakit campak bisa menyebabkan pneumonia, infeksi telinga, dan kerusakan otak. Penyakit gondok yang mengalami komplikasi juga bisa menyebabkan tuli dan meningitis. Sedangkan Rubella pada ibu hamil bisa menyebabkan keguguran hingga cacat lahir pada bayi.

Perlunya pengetahuan dan kampanye tentang vaksin sebelum hamil perlu digalakkan agar para wanita masa kini paham risikonya terhadap diri sendiri dan bayi yang akan dilahirkan. Pemberian vaksin juga bukan saat ini saja dilakukan, sudah sejak lama suntik vaksin dianjurkan untuk menjaga kesehatan.

Jadi, masih meragukan manfaat vaksin MR untuk kesehatan, ladies?

(vem/feb)
Loading
Artikel Selanjutnya
Ini Alasan Ilmiah Manusia Harus Olahraga dan Tidak Boleh Lama Rebahan
Artikel Selanjutnya
Covid-19 Melonjak Tajam, Ini 5 Rekomendasi dari Perhimpunan Dokter-Dokter Spesialis agar Kasus Dapat Terkendali