Sukses

Parenting

Ini yang Terjadi di Dalam Tubuh Saat Kehamilan Minggu Ke 3

Setiap wanita yang sudah mendambakan kabar bahagia kehamilan pasti penasaran apa yang akan terjadi di dalam tubuh ketika hamil, apalagi di usia-usia kehamilan muda. Meski memang belum ada perubahan fisik yang bisa dilihat, namun ada banyak hal yang sebenarnya sedang terjadi di dalam tubuh.

Dilansir dari Motherandbaby.co.uk, di kehamilan minggu ke 3, sel telur yang telah dibuahi sperma akan berenang keluar dari tuba falopi ke rahim dan membentuk zigot. Zigot ini akan menempel pada lapisan darah di rahim dan kemudian membelah menjadi 16 sel identik.

Perjalanan ini akan memakan waktu hingga enam hari, jadi kemungkinan 'penanaman' zigot ini bisa jadi memakan waktu hingga kehamilan minggu ke 4 dan sudah akan berubah menjadi 100 sel dan sebesar kepala jarum pentul.

Itu yang terjadi pada calon bayi. Lalu apa yang sedang terjadi pada tubuh ibu? Ternyata di minggu ketiga kehamilan, kamu belum bisa mengetahui bahwa dirimu sedang hamil jika melakukan tes kehamilan dengan tespek.

Kehamilan minggu ke 3/copyright Shutterstock.com

Tanda positif hamil baru akan bisa dilihat setelah zigot mengembangkan plasenta dan tubuh akan memproduksi hormon human chorionic gonadotropin (hCG). Tubuh akan memberitahu ovarium untuk berhenti memproduksi telur dan mulai membuat lebih banyak progesteron dan estrogen.

Gejala yang mungkin akan kamu rasakan di kehamilan minggu ketiga ini adalah adanya rasa sakit atau nyeri di area perut, indra penciuman semakin tajam dan sensitif terhadap bau, dan lidah terasa seperti merasakan logam.

Wah, jadi itu sekian hal yang terjadi di dalam tubuh selama kehamilan minggu ke 3, ladies. Ternyata sel telur telah berkembang dan kamu tak tahu jika sedang hamil karena setelah minggu ketiga inilah, kamu baru bisa mengetahui apakah kamu hamil atau tidak dengan alat tes kehamilan.

(vem/feb)
What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Usia Berapa Bayi Bicara untuk Pertama Kalinya? Ini Jawabannya