Sukses

Parenting

5 Cara Mengajarkan dan Meningkatkan Kreativitas Anak

Anak perlu memiliki bekal keterampilan untuk bisa bertahan dalam kehidupan dan bermasyarakat, salah satunya adalah kreativitas. Seperti halnya kemampuan akademik, kreativitas juga perlu diasah dan diajarkan oleh orangtua. Ada banyak cara mengajarkan kreativitas pada anak, seperti dilansir dari eparenting.co.uk.

1. Seni dan Kerajinan

Ini adalah cara paling umum yang bisa dilakukan orangtua jika ingin mengajarkan kreativitas pada anak. Anak bisa diajak melakukan berbagai kreasi seni dan kerajinan tangan seperti menggambar, membuat mainan, DIY dan lain sebagainya yang melibatkan berpikir kreatif dan bebas.

2. Membaca

Membaca adalah cara terbaik dan sederhana dalam mengembangkan kreativitas. Budaya membaca perlu diajarkan pada anak karena bisa mengembangkan imajinasi, ide dan daya berpikirnya. Membaca juga bisa mengembangkan pengetahuannya tentang berbagai hal, sehingga anak bisa berpikir inovatif.

3. Jalan-jalan santai

Keluar rumah dan jalan-jalan santai di sekitar lingkungan rumah untuk mendapat udara segar bukan hanya bisa melepaskan stres tapi juga bisa melatih otak dalam hal observasi dan kepekaan. Ada banyak hal menarik yang bisa dipelajari dari lingkungan sekitar.

Anak perlu diajarkan kreativitas untuk bekal hidup/copyright Pixabay.com

4. Musik

Mendengarkan berbagai macam genre musik juga bisa mengembangkan pola berpikir anak baik secara fisik maupun emosional karena secara alami otak juga akan merespon irama musik dengan baik sehingga bisa mengembangkan imajinasi dan kreativitasnya.

5. Bermain

Cara ini pasti akan disukai anak. Anak sering mengembangkan imajinasi dengan mengarang cerita dengan bermain dengan berbagai benda dan dengan teman-teman di sekitarnya. Entah itu dengan bermain peran atau yang lainnya, anak umumnya akan mengembangkan kreativitas unik dengan bermain.

Secara umum, anak akan banyak belajar dari orangtuanya mengenai kreativitas, jika orangtua tidak terbiasa melakukan hal-hal kreatif, anak mungkin juga akan mengikuti. Jadi penting sekali menjadi contoh untuk anak ya, Moms.

(vem/feb)
Artikel Selanjutnya
Sebaiknya Berapa Banyak Porsi Makan Bayi di Usia 6 Bulan?
Artikel Selanjutnya
Cara Mengatasi Bayi yang Susah Makan MPASI
: