Sukses

Parenting

Usia Berapa Sebaiknya Anak Dilatih Membiasakan Diri Sikat Gigi?

Menjaga kesehatan mulut dan gigi harus diajarkan pada anak sejak usianya sedini mungkin. Tapi, usia berapa anak sebaiknya diajarkan sikat gigi sendiri dan rutin melakukan kebiasaan baik ini? Melansir dari laman klikdokter.com, tidak ada patokan atau waktu pasti kapan mom bisa mengajarkan buah hati untuk sikat gigi.

Selama gigi buah hati sudah tumbuh dengan baik, ia juga bisa makan dengan sempurna dan mengunyah makanan hingga benar-benar halus, usahakan agar segera mengajarkan buah hati untuk menyikat giginya.

Beberapa dokter menyarankan agar buah hati diajarkan sikat gigi sejak mereka berusia 2 sampai 3 tahun. Tapi, tidak apa jika mom atau ayah mengajarkan anak sikat gigi di usia di bawah 2 tahun. Jika gigi anak belum sempurna karena ia masih bayi, membersihkan gigi dan mulut anak tidak harus dengan sikat gigi.

Mom bisa memakai kain handuk bersih yang diberi air hangat kemudian dipakai untuk mengelap gigi serta gusi anak. Biasakan anak untuk membersihkan gigi saat ia mandi pagi, setelah makan dan sebelum tidur. Menjaga gigi anak sejak dini ini akan membuat gigi dan mulut anak tetap sehat serta terawat bahkan ketika ia dewasa kelak.

Berikan sikat gigi yang lembut dan nyaman dipakai anak. Ajarkan anak untuk mengganti sikat gigi setiap 5 sampai 6 bulan sekali atau ketika ada tanda-tanda sikat gigi telah rusak. Ajarkan juga agar sikat gigi anak tidak dipakai oleh anggota keluarga lainnya. Sebaiknya, sikat gigi dipakai sendiri-sendiri demi menjaga kesehatan gigi dan mencegah penularan virus serta bakteri penyebab masalah gigi.



(vem/mim)
Loading
Artikel Selanjutnya
Anak Tidak Mau Makan Nasi, Apakah Berbahaya?
Artikel Selanjutnya
Makanan yang Jatuh Belum Lima Menit Masih Amankah Dimakan?