Sukses

Parenting

Kenali Mastitis, Kendala yang Sering Dialami Ibu Menyusui

Hampir semua ibu hamil memiliki risiko mastitis. Karena risiko ini, hal ini akan sangat mengganggu ketika proses menyusui nantinya. Mengenai mastitis, apa sih itu?

Melansir dari laman klikdokter.com, mastitis adalah peradangan yang terjadi pada jaringan payudara ibu hamil dan menyusui. Kondisi ini beberapa ada yang disertai infeksi tetapi beberapa lagi tidak. Akibat dari mastitis, payudara akan tersumbat dan air susu ibu sulit keluar. Jika sudah begini, tentu hal ini akan sangat mengganggu proses menyusui.

Adapun gejala dari risiko mastitis antara lain adalah bagian payudara memerah dan bengkak, keluar cairan putih dari payudara, payudara terasa gatal dan panas saat disentuh, adanya sensasi terbakar pada area payudara baik ketika menyusui atau sepanjang waktu, tubuh mudah lelah dan lemas serta nyeri, adanya gejala flu yang tak kunjung sembuh dan tubuh demam hingga menggigil.

Sementara itu, risiko mastitis bisa terjadi karena beberapa hal. Hal tersebut antara lain, saat menyusui mom tidak meletakkan payudara pada posisi tepat, adanya tekanan berat pada payudara, frekuensi menyusui yang tidak teratur, mom melakukan tindik pada puting payudara dan mom memiliki kebiasaan buruk konsumsi minuman keras serta perokok berat.

Mastitis merupakan kondisi yang tidak boleh disepelekan begitu saja. Karena hal ini mengganggu aktivitas menyusui, ini bisa berbahaya buat kesehatan mom maupun buah hati. Demi menghindari mastitis, usahakan agar senantiasa menerapkan pola hidup sehat, menyusui secara rutin dan jangan menundanya, hindari tekanan berlebih pada payudara, dan lakukan pemijatan payudara dengan teknik terbaik serta benar.

Semoga informasi ini bermanfaat.

(vem/mim)
What's On Fimela
Loading