Sukses

Parenting

Tips Agar Nafsu Makan Kembali Saat Hamil Muda

Tidak sedikit wanita hamil yang merasa mual, ingin muntah dan kehilangan nafsu makannya di kehamilan trimester pertama. Beberapa wanita bahkan kehilangan nafsu makannya hingga kehamilan trimester ke-dua dan ke-tiga.

Melansir dari laman parents.com, kehilangan nafsu makan saat hamil muda adalah hal yang wajar terjadi. Hilangnya nafsu makan ini bisa terjadi karena beberapa hal. Mulai dari berubahnya hormon dalam tubuh, indera penciuman yang semakin sensitif, janin yang bertumbuh dan berkembang sehingga menyebabkan rasa tidak nyaman di perut serta masih banyak lagi.

Meski nafsu makan menurun selama kehamilan, disarankan agar ibu hamil tetap mencukupi kebutuhan makanannya baik untuk dirinya maupun buah hatinya di kandungan. Ada beberapa tips untuk mengembalikan nafsu makan yang hilang selama kehamilan. Cara tersebut antara lain sebagai berikut:

  1. Konsumsi makanan dengan porsi kecil namun sering. Meski tidak lapar, mom tetap harus mengisi perut yang kosong dengan makanan serta minuman.
  2. Miliki istirahat cukup agar kondisi tubuh senantiasa bugar. Melakukan aktivitas terlalu berat bisa memicu kelelahan dan menurunnya nafsu makan. Jadi, pastikan untuk memiliki waktu istirahat cukup baik di siang maupun malam hari. 
  3. Kenakan pakaian yang nyaman dan tidak terlalu mengikat pinggang atau perut. Pakaian yang terlalu mengikat atau erat akan membuat kita mual dan nafsu makan menurun. 
  4. Untuk menghindari rasa mual, konsumsi makan dingin dan segar. Konsumsi juga berbagai makanan yang kamu suka dan tidak bikin mual. 
  5. Jangan tidur atau bahkan sekedar berbaring setelah makan. 
  6. Miliki olahraga ringan yang teratur. Ibu hamil penting memiliki olahraga agar tubuhnya maupun janin di kandungannya senantiasa sehat serta bugar. 
  7. Perbanyak konsumsi sayur dan buah karena rasa kedua makanan ini cukup aman dan meminimalisir mual serta muntah. 
  8. Hindari mengonsumsi makanan yang berlemak. Makanan berlemak justru bisa meningkatkan rasa mual.


Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengembalikan nafsu makan yang hilang selama kehamilan. Semoga informasi ini bermanfaat.

(vem/mim)
Artikel Selanjutnya
Kontraksi Dini Hingga Keguguran, Ini Bahaya Kelelahan Bagi Ibu Hamil
Artikel Selanjutnya
Ibu Hamil Wajib Makan Ikan Setiap Hari, Ini Alasannya
: