Sukses

Parenting

Normalkah Perasaan Mudah Cemas Selama Hamil?

Saat sedang mengandung perubahan tentu banyak dirasakan oleh para ibu hamil. Fase ini adalah masa yang membahagiakan bagi para wanita. Selain merasa luar biasa bahagia, tak sedikit ibu hamil yang jadi mudah cemas selama mengandung bayinya.

Nah, apakah kecemasan yang dirasakan ini wajar adanya? Psikolog Tiara Puspita pun mengungkapkan bahwa ini sangat wajar dialami terutama yang baru saja hamil untuk pertama kalinya.

Kecemasan biasanya terjadi di trimester pertama, karena ini adalah masa-masa penyesuaian ibu. Di tiga bulan pertama ada banyak perubahan terjadi. Perubahan-perubahan ini diantaranya adalah identitas baru sebagai ibu hamil, perubahan hormon, gejala kehamilan yang amat terasa.

Setelah itu kecemasan bisa timbul karena banyak sekali orang sekitar yang memberikan banyak saran terkait dengan kesehatan ibu dan juga bayi. Ibu hamil juga akan sering sekali cemas dengan kesehatan janin yang ada dalam perutnya. Semua hal ini nyatanya memang mempengaruhi kondisi emosional ibu hamil.

Kecemasan ini memang normal adanya, namun kalau sudah berlebihan dan sampai mengganggu aktivitas sehari-hari ada baiknya ibu hamil ini berkonsultasi dengan ahli.

Sumber: Liputan6.com

(vem/ivy)
;
Loading