Sukses

Parenting

Asap Rokok Pemicu Penyakit Asma pada Anak

Merokok merupakan suatu kebiasaan buruk yang sangat berbahaya bagi kesehatan. Namun, seperti yang anda ketahui, tingkat perokok di dunia masih sangat tinggi. Hal ini dikarenakan rokok mengandung nikotin yang mengakibatkan konsumen kecanduan.

Tapi, kalau asap rokok bisa mengancam kesehatan anak sendiri, tentu ini lebih mengerikan, benar Ladies? Seperti yang disebut oleh www.eva.gov, ibu yang merokok bisa membuat anak terjangkit penyakit pernapasan seperti asma.

Paru-paru anak usia dini masih berkembang dan intensitas pernafasannyapun lebih tinggi dari orang dewasa. Secondhand Smoke, atau asap yang berasal dari pembakaran rokok yang sudah pendek dan yang dikeluarkan oleh perokok, bisa sangat berbahaya pada paru-paru si kecil dan bisa menimbulkan penyakit asma.

Anak-anak yang masih berkembang secara fisik lebih rentan terjangkit gangguan pernafasan dibanding orang dewasa.  Paru-paru yang dimiliki anak-anak memiliki daya tahan dan tingkat kendali terhadap lingkungan sekitar yang lebih rendah dibanding orang dewasa. Oleh sebab itu, anak-anak bisa dipastikan menerima dosis asap rokok yang lebih tinggi dibanding orang dewasa.

Jika seorang ibu adalaah seorang perokok, meskipun ia tidak mengidap asma, bisa saja anak yang menghirup asap yang keluar dari rokok tersebut terjangkit penyakit asma. Karenanya, anak yang memiliki ibu perokok memiliki kecenderungan yang lebih besar untuk terjangkit penyakit pernafasan.

Tentunya, kita tidak mau anak yang kita sayangi terjangkit penyakit pernafasan gara-gara asap rokok kita sendiri bukan? Mulai sekarang, usahakan untuk tidak merokok di dalam ruangan atau di dalam mobil anda. Well ladies,kenapa tidak sekalian sajamenghentikan kebiasaan buruk merokok sama sekali?

Meski ini tidaklah mudah, tidak ada salahnya kita melindungi diri sendiri dan anak-anak kita dari penyakit pernafasan yang menyengsarakan bukan?

Oleh: Desti Ayu Ruhayati

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading