Sukses

Parenting

Cara Mengetes Asma: Peak Expiratory Flow (PEF)

Peak Flow ini merupakan kemampuan penderita untuk mengambil nafas dan mengeluarkannya. Kita bisa mengukur seberapa serius asma yang diderita dengan mengecek intesitas peak flow ini. Ada alat khusus yang sangat berguna bagi Anda untuk menghitung kemampuan peak flow pada penderita.

Menurut canada.com, alat khusus ini disebut peak flow meter. Nah, alat ini sengaja dibuat untuk memastikan kemampuan peak flow secara mendetail. Secara garis besar ia akan menghitung udara yang bisa dihirup dan dikeluarkan oleh paru-paru. Karena pada tahap pengetesan ini, jelas kita akan tahu seberapa parah salauran udara menegalami penyempitan.

Dengan alat ini akan sangat berguna bagi Anda untuk mengetahui kondisi asma yang diderita masih bisa dikontrol atau tidak. Biasanya memang ada indikasi tertentu untuk level asma yang dimaksud. Hal ini ditetapkan di proses penanganan asma. Dengan beberapa level yang disediakan, seperti zona hijau, kuning dan merah.

Manfaat dari menggunakan alat ini adalah mengetahui jumlah peak flow penderita. Selain itu, dengan mengetahui peak flow berati kita bisa tahu zona si Penderita berada. Tentunya kita juga bisa mempersiapkan penanganannya.

Sekarang, apakah Anda mulai paham dengan PEF ini? Untuk mengetahuinya lebih jauh, Anda bisa mulai mencari lebih dalam soal metode penanganan asma sejak dini. Biasanya akan disediakan pula angka standar di setiap zona penanganan asma. Jadi Anda tidak perlu risau. Selama Anda siap, pastinya semua akan berjalan dengan tepat.

 

Oleh: Nurrohman Sidiq

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading