Sukses

Parenting

Identifikasi Asma Dengan Pertanyaan Ini

Ada yang mengatakan bahwa penyakit asma adalah penyakit turunan dari orang tua yang sebelumnya sudah pernah memiliki riwayat penyakit asma. Asma dianggap sebagai penyakit yang berasal dari faktor keturunan yang akan diwariskan orang tua kepada anaknya. Namun, penyakit asma juga bisa berasal dari faktor lain, tidak hanya dari faktor keturunan, namun juga bisa berasal dari faktor lain yang ada dilingkungan sekitar.

Meskipun anda bukan seseorang yang berasal dari keluarga yang memiliki riwayat penyakit asma, ada baiknya bagi anda untuk sesekali mencoba mengidentifikasi gejalanya. Cara yang mungkin bisa anda lakukan saat ini adalah dengan memberikan beberapa pertanyaan kepada diri anda sendiri mengenai kesehatan tubuh anda.

Pertanyaan berikut mungkin bisa membantu anda untuk mengidentifikasi apakah anda mulai diserang penyakit asma. Berikut ini ada beberapa buah pertanyaan yang diambil dari bbc.co.uk yang dapat dijadikan patokan penditeksi asma.

1. Apakah anda mengalami batuk-batuk dalam beberapa hari ini terutama saat malam hari?

2. Apakah anda mengalami serak pada tenggorokan? Apakah serak yang terjadi ini menimbulkan suara yang keras ketika anda sedang bernafas?

3. Apakah anda pernah merasa kesulitan saat bernafas? apakah dada anda merasa sesak?

4. Apakah anda merasa batuk-batuk setelah berdekatan dengan kucing, atau tempat yang sangat berdebu? (Hal ini perlu karena bulu halus hewan dan debu bisa memicu asma).

5. Apakah dalam keluarga anda ada yang memiliki riwayat penyakit asma?

Bila Jawaban ke satu hingga ke tiga adalah iya, segeralah ke dokter. bila pertanyaan ke empat dan ke lima iya, anda kemungkinan akan mengidap asma.

Oleh: Nastiti Primadyastuti

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading