Sukses

Parenting

Perubahan Pada Payudara Saat Hamil

Bentuk tubuh Ladies secara keseluruhan pasti akan berubah pada saat hamil. Semuanya bahkan terlihat gemuk atau seperti membengkak. Namun justru saat-saat inilah yang dinantikan seorang wanita dalam hidupnya. Menimang seorang anak menjadi sesuatu yang sangat tak ternilai harganya. Bentuk tubuh berubah? Ya, pastinya payudara adalah salah satu yang mengalami perubahan.

Menurut womenshealth.gov, hal ini terjadi karena payudara yang nantinya berfungsi untuk menyusui bayi, sedang mempersiapkan tugas tersebut. Biasanya, ukuran payudara semakin membesar. Jadi, Ladies jangan takut ya ketika ada pembesaran pada payudara selama hamil. Hal ini tentunya sangat lumrah. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Seringkali memang kita akan merasakan payudara terasa lebih penuh. Hal ini akan semakin menjadi, selama menjelang masa melahirkan. Ladies harus sabar nih menghadapi hal yang mungkin tak biasa, apalagi jika kita mengalaminya untuk pertama kali.

Karena ukurannya yang membesar, payudara akan semakiin terasa berat dan terasa sakit. Sakit ini lebih seperti nyeri yang mungkin terasa menyiksa. Nah, Ladies harus lebih hati-hati lagi nih. Jangan sampai menyentuh payudara terlalu kasar, karena rasa nyeri nya bisa-bisa malah semakin menjadi.

Pada 3 bulan terakhir, ibu hamil akan mengeluarkan sejenis cairan dari payudara. Cairan ini dinamakan colostrum. Colostrum ini nantinya akan sangat berguna untuk bayi. Cairannya kental dan berwarna agak kuning, berfungsi sebagai antibodi yang melindungi bayi dari infeksi.

Kalau sudah begini, solusi apa ya yang bisa dilakukan?

Yang pertama, pakai bra khusus untuk ibu hamil, jangan yang terlalu ketat. Atau bisa juga dengan meletakkan kain atau tisu di dalam bra. Kain ini lah yang akan menyerap, sehingga cairan tidak kemana-mana.

Oleh: Septia Ningrum

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading