Sukses

Parenting

Cara Merawat Kebersihan Bayi

Lucu dan menggemaskan, itu mungkin kesan pertama yang sering kita rasakan saat meilhat seorang bayi yang masih kecil dan imut-imut. Meskipun lucu dan menggemaskan, adik bayi itu kondisinya rentan loh, jadi jangan asal-asalan dalam memperlakukan bayi.

Dengan kondisi bayi yang masih rentan, kita perlu berhati-hati dalam merawat bayi, terutama saat kita mencoba membersihkan bayi.

Dalam merawat bayi itu harus dibutuhkan ketelatenan, tidak bisa kita memperlakukan bayi dengan kasar. Perlakuan kasar dalam merawat bayi membuat bayi menangis karena bayi merasa tidak nyaman dan tersakiti karena cara merawat kebersihannya dengan kasar.

Agar kita tidak salah dan bayi merasa nyaman dengan cara perawatan kebersihan yang kita lakukan, coba lakukan tips yang diberikan oleh NHS.uk berikut ini.

Saat ingin membersihkan bayi, pegang bayi pada lutut atau baringkan mereka di kasur. Lepaskan seluruh pakaian bayi yang di kenakan. Lalu bungkus dengan handuk. Celupkan kapas di air lalu bersihkan dengan lembut daerah sekitar mata bayi dari hidung. Gunakan sepotong kapas untuk setiap mata agar mata terhindar dari penyakit.

Setelah itu bersihkan bagian luar telinga bayi menggunakan kapas. Lalu cuci wajah, leher dan tangan dengan cara yang sama dan mengeringkannya lembut dengan handuk. Untuk bagian bawah bayi lepaskan popok dan mencuci bawah bayi dengan kapas dan air hangat lalu keringdengan hati-hati, termasuk antara lipatan kulit, dan setelah kering pakaikan popok baru yang bersih, serta pakaiannya.

Usahakan dalam membersihkan bayi ajak si bayi berkomunikasi agar bayi tetap santai merasa nyaman.

Oleh: Nastiti primadyastuti

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading