Sukses

Parenting

5 Mitos dan Fakta tentang Menyusui Part 1

Breastfeeding-magazine.com membeberkan beberapa mitos yang sering dibicarakan beserta fakta terkait agar Moms tahu kebenaran tentang menyusui. Berikut ulasannya:

  • Memberikan susu lewat botol lebih mudah daripada menyusui langsung
  • Pada awalnya mungkin sedikit susah ya. Tapi lama kelamaan pasti akan lebih mudah karena sudah terbiasa. Coba Moms bayangkan jika bayi menangis di tengah malam dan Moms masih repot menyiapkan susu botol, pasti tangisnya akan lebih kencang. Mungkin akan lebih praktis kalau Moms cukup menggendong dan menyusuinya langsung, tanpa perlu repot menyesuaikan suhu susu lagi.
  • Payudara akan mengendor akibat menyusui. Tidak perlu cemas Moms. Ada beberapa faktor yang menyebabkan payudara mengendor, tapi menyusui bukanlah penyebabnya. ASI tidak memiliki zat besi yang cukup untuk bayi ASI adalah makanan terbaik untuk bayi. Kandungan zat besi dalam ASI memiliki takaran yang pas untuk bayi dibandingkan susu formula. Selain itu, zat besi dalam ASI juga lebih mudah diserap daripada susu formula ataupun makanan lainnya.
  •  Susu formula sama saja dengan ASI. Sebisa mungkin kandungan susu formula memang diracik menyerupai ASI. Akan tetepi, susu formula tidak memiliki banyak kandungan penting seperti hormon, antibodi, dan enzim yang terdapat dalam ASI.
  • Wanita dengan payudara implantasi tidak bisa menyusui.

Tidak ada fakta yang membuktikan bahwa wanita dengan payudara implantasi akan membawa resiko pada bayinya. Dalam beberapa kasus, ada wanita yang bermasalah dengan cadangan ASInya, tapi mereka masih tetap bisa menyusui kok.

Oleh Desti Ayu R.

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading