Sukses

Parenting

Mengenal Macam-Macam Gangguan Kehamilan (I)

Gangguan kesehatan selama masa kehamilan merupakan hal yang kerap terjadi pada ibu hamil. Perubahan hormon yang terjadi di dalam tubuh ibu hamil merupakan salah satu penyebab utama gangguan kesehatan selama dalam masa kehamilan.

Berikut ini adalah beberapa gangguan kehamilan yang lazim dialami oleh ibu hamil dan cara mengatasinya yang dikutip dari webmd.com.

Pusing

Pusing yang dialami oleh ibu hamil bisa terjadi karena konstipasi, urat syaraf yang menegang, dan preeclampsia. Bagi ibu hamil yang sering mengalami pusing, sebaiknya banyak beristirahat atau berbaring di ruangan yang sunyi. Pusing bisa juga diredakan dengan menaruh kantong berisi es batu di sekitar dahi maupun tengkuk.

Gusi bengkak dan berdarah

Gusi bengkak dan berdarah dapat juga menjadi gangguan kesehatan yang menyerang para ibu hamil. Pembengkakan ini terjadi karena sirkulasi darah dan produksi hormon kewanitaan yang meningkat. Gusi yang bengkak mudah sekali mengalami pendarahan.

Sering buang air kecil

Sering buang air kecil akan sering terjadi seiring dengan perut yang semakin membesar. Janin yang terus mengalami pertumbuhan membuat rahim terus membesar dan akhirnya menekan kandung kemih. Hal inilah yang menyebabkan ibu hamil terus-menerus ingin buang air kecil. Karena frekuensi buang air kecil yang terus meningkat, ibu hamil disarankan untuk tidak memakai celana dalam dan celana yang terlalu ketat.

Oleh: Pravianti Ayu Mirantiraras

(vem/tyn)
PLAYLIST VIDEO 30 JULI 2021
Loading
Artikel Selanjutnya
4 Persiapan Melahirkan di Tengah Pandemi yang Perlu Diperhatikan demi Keamanan Persalinan
Artikel Selanjutnya
Di Usia Ini Ibu Hamil Pertama Kali Bisa Merasakan Tendangan Bayi