Sukses

Parenting

Mengatasi Asma Pada Anak

Penyakit asma dapat menyerang siapa saja, tidak peduli tua maupun muda. Ketika asma terjadi pada anak-anak, orang tua harus ekstra hati-hati dalam mengawasi anak-anak penderita asma supaya mereka tidak dekat-dekat dengan hal-hal yang dapat memicu kambuhnya asma.

    

Namun tentu saja orang tua tidak selalu bisa berada dekat dengan anak-anak mereka, kan, ladies?  Tidak mungkin anak-anak berada dalam pengawasan orang tua selama 24 jam. Lalu, apa yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk meminimalisir kambuhnya asma pada anak, terutama ketika mereka sedang berada  di sekolah? Berikut ini penjelasannya seperti yang dikutip dari noattacks.org.

1.    Orang tua berkonsultasi dengan guru-guru di sekolah tentang penyakit putra atau putri mereka. Dengan mengetahui bahwa si anak menderita asma, guru dapat membantu orang tua dengan memberi perhatian ekstra untuk si anak penderita asma.

2.    Orang tua memberi informasi yang cukup kepada anak penderita asma tentang hal-hal apa saja yang dapat memicu kambuhnya asma. Dengan begitu, si anak akan berusaha menghindari hal-hal tersebut ketika berada di sekolah. Misalnya, mereka tidak boleh dekat-dekat dengan debu dari papan tulis atau tidak boleh bermain lari-larian di sekolah.

3.    Orang tua membekali anak penderita asma dengan obat-obatan yang harus selalu dibawa ke sekolah. Jadi ketika di sekolah tiba-tiba asmanya kambuh, si anak tidak panik dan langsung tahu apa yang harus dilakukan dan diminum.

Oleh: Pravianti Ayu Mirantiraras

   

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading