Sukses

Parenting

Jika Si Kecil Tumbuh Berbeda

Banyak orang terlahir di dunia ini setiap tahunnya dan setiap orang berbeda satu sama lain. Meskipun seorang anak terlahir kembar identik, tetapi akan tetap akan muncul beberapa perbedaan baik secara fisik maupun perilakunya.

Moms, jika putra atau putri anda tumbuh berkembang berbeda dari kebanyakan anak kecil, jangan khawatir. Karena setiap orang berbeda, sangatlah wajar jika anak-anak akan tumbuh dan berkembang dengan cara yang berbeda pula.

Terutama saat mengalami masa pubertas, seperti disampaikan pada situs kidshealth.org, tidak akan ada dua orang yang akan mengalami tahapan pubertas yang sama. Hal ini disebabkan oleh banyak aspek dan setiap orang memiliki laju perkembangan mereka sendiri.

Salah satu contoh sederhana adalah mungkin ada teman putri dari buah hati anda yang telah memiliki payudara yang cukup besar sedangkan payudara putri anda masih belum nampak akan berkembang. Perkembangan ini dipengaruhi oleh tahapan pubertas serta rangkaian senyawa kimia (hormon dalam tubuh) yang bekerja dengan laju yang berbeda. Jadi, perbedaan ini bukan karena ada yang salah dengan tubuh putri anda.

Ladies, janganlah khawatir jika perkembangan buah hati anda terlambat atau mungkin justru terlalu cepat, karena nantinya setiap anak akan menyusul perkembangan teman-temannya. Setelah itu, perbedaan yang nampak mencolok itu akan secara perlahan-lahan berkurang.

Selain itu, pastikan anda melihat masalah ini dengan mata terbuka dan tidak membedakan mana perkembangan yang benar ataupun salah di antara anak-anak. Tahukah anda dengan memiliki perbedaan dari orang lain, kita dapat menjadi diri kita sendiri dan bisa menjadi manusia yang seutuhnya.

Oleh: Yudha Yanuar A.

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading