Sukses

Parenting

Biasakan Bayi Dengan Botol Susu

Ibu mungkin bertanya-tanya, kapan seharusnya anak mulai belajar minum susu dengan botol? Apa nanti akibatnya kepada bayi yang belum terbiasa menggunakannya?

Webmd.com menyatakan bahwa memang tidak ada patokan khusus kapan bayi harus beradaptasi dengan dot dan susu formula. Hal ini karena kondisinya akan selalu berbeda untuk setiap bayi.

Jennifer Shu, seorang dokter anak, mengatakan bahwa anak-anak melakukan adaptasi ketika disusui pada minggu pertama sampai dengan minggu ke enam. Bagaimana tanda-tanda bayi sudah mulai bisa menyusu dengan baik?

Nah, jawabannya adalah ketika bayi sudah bisa menemukan letak puting ibunya. Jadi, bayi bisa menyusu tanpa ibu harus memasukkan puting ke dalam mulutnya.

Ketika sudah mulai siap untuk minum susu dengan botol, bayi akan menampakkan tanda-tanda tertentu. Diantaranya, dia akan menyusu sebentar saja, lalu akan dilepaskan. Itu akan terjadi berkali-kali.

Selain itu, bayi yang sudah siap menyusu dengan botol akan lebih sering menolak disusui oleh ibunya. Nah, kalau bayi sudah menunjukkan tanda-tanda seperti ini, kita seharusnya lebih sensitif ya.

Kenapa kita harus mengetahui hal ini dengan baik? Mungkin bisa jadi ada banyak alasan yang sangat mendesak. Salah satunya adalah karena kesibukan si Ibu. Kalau di pagi hari bisa menyusui, mungkin di siang harinya tidak bisa. Saat inilah bayi akan menggunakan botol untuk minum susu, baru malam harinya ibu akan menyusuinya lagi.

Namun, Ladies, jangan memaksa anak untuk minum susu dengan botol jika belum waktunya, ya.

Oleh: Septia Ningrum

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading