Sukses

Parenting

Mengenal Stretch Mark

Sebagai wanita, ladies pasti merasa sangat bahagia saat hamil kemudian melahirkan buah hati tercinta. Namun, setelah melahirkan kemudian menyusui akan timbul berbagai macam perubahan yang terjadi pada tubuh anda. Mulai dari berat badan yang bertambah hingga munculnya stretch mark, tapi tahukah anda apa stretch mark itu?

Ladies, stretch mark adalah menipisnya permukaan kulit hingga timbul seperti bekas luka yang berbentuk seperti cekungan-cekungan. Stretch mark terjadi saat lapisan kulit dermis menghilang akibat peregangan kulit yang sangat cepat. Stretch mark biasanya terjadi saat berat badan bertambah secara cepat seperti pada saat hamil, menyusui, atau obesitas.

Kulit yang tiba-tiba meregang tidak hanya disebabkan oleh pertambahan berat badan, tetapi juga penggunaan steroid untuk membentuk tubuh. Sayangnya, stretch mark tidak dapat benar-benar hilang dari tubuh. Anda hanya dapat melakukan perawatan agar stretch mark tidak terlalu nampak terlihat jelas.

Menurut breastfeeding-magazine.com, stretch mark yang dapat timbul pada payudara atau perut dapat berkurang dengan sendirinya seiring berjalannya waktu meski tidak hilang seluruhnya. Namun, stretch mark yang dipengaruhi oleh faktor keturunan akan lebih sulit untuk dihilangkan sehingga mungkin diperlukan perawatan khusus.

Oleh Lies Nureni

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading