Sukses

Parenting

Kalau Bayi Tidak Mau Disusui, Harus Bagaimana Ya?

Saat adik bayi tidak mau disusui, sebaiknya Bunda periksa dulu apa penyebabnya, apakah ia sedang sakit atau tidak nyaman. Mengapa harus seperti itu? Yang jelas agar tepat mengatasinya dan membuatnya mau disusui lagi.

Saat bayi tidak mau disusui, ia dan Bunda merasa sama-sama tidak nyaman. Bunda mungkin merasa tidak diterima, tapi jangan sampai merasa bersalah lho Bun, karena itu bukan salah Bunda. Cobalah bersabar dan ubah kebiasaan makan si bayi.

Untuk mencegah payudara terasa bengkak tapi masih terjaga cadangan ASInya, perah atau pompa ASI Bunda di waktu yang sama seperti jadwal adik bayi saat minum susu langsung dari Bunda. Bunda bisa memberikan ASI perah lewat botol, menyendokkannya, atau meneteskannya dengan pipet, jika ia pilek misalnya.

Tidak hanya itu, Bunda juga bisa mencoba mengatasinya dengan melakukan saran dari mayoclinic.com berikut:

1. Coba teteskan susu pada puting Bunda, atau pada mulut bayi untuk membuatnya mau disusui lagi. Tapi jika ia masih tidak mau, jangan diteruskan dan coba lagi nanti.

2. Coba ganti posisi menyusui. Kalau hidungnya sedang tersumbat, gendong dia dengan posisi agak tegak atau tidak dalam posisi tidur agar hidungnya bisa sedikit lega saat minum susu.

3. Coba susui bayi di tempat yang tenang tanpa ada gangguan.

4. Kalau bayi sedang tumbuh gigi, sebaiknya sebelum minum susu gosok perlahan gusinya dengan kain yang dingin, bukan air es, atau dengan jari Anda, tapi jangan lupa untuk memotong kuku dan cuci tangan.

Kalau bayi masih seperti itu dalam beberapa hari dan BUnda khawatir tentang pola makannya, segera konsultasikan ke dokter anak.

Oleh: Agit Diyanita

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading