Sukses

Parenting

Mitos vs Fakta tentang Menyusui dan Konsumsi Alkohol

Tahukah anda beberapa mitos tentang konsumsi alkohol pada saat menyusui? Berikut adalah penjelasan dari breastfeedingquest.com.

1.Alkohol tidak diserap tubuh pada saat menyusui – Salah

  Kadar alkohol pada darah sama tingginya pada payudara. Tidak ada bagian tubuh yang dapat mengendalikan masuknya kalsium dan zat besi yang masuk ke payudara termasuk alkohol. Jadi apabila anda mengonsumsi alkohol pada saat menyusui, alkohol tersebut juga akan masuk ke dalam payudara anda yang dapat dikonsumsi pula oleh bayi anda.

2.Adalah aman untuk minum alkohol pada tingkat sedang pada saat menyusui – Salah

  Akademi Kedokteran Anak Amerika atau American Academy of Pediatrics menyatakan bahwa meminum alkohol pada saat menyusui akan mempengaruhi air susu dan dapat membahayakan bayi anda. Beberapa studi menyatakan bahwa alkohol akan mempengaruhi  sistem syaraf bayi dan perkembangan otak bayi.

3.Alkohol meningkatkan produksi air susu – Salah

  Beberapa orang percaya bahwa bir dan anggur dapat meningkatkan produksi air susu. Hal tersebut dibantah oleh studi yang menyatakan bahwa alkohol justru menghambat keluarnya air susu. Hal ini akan menyebabkan bayi kurang gizi, bayi rewel pada saat Ibu menyusui, dehidrasi, dan kurang berat badan karena Air Susu Ibu (ASI) adalah satu-satunya nutrisi yang masuk ke tubuh bayi.

4.Alkohol membantu bayi tidur pulas – Salah

  Hal tersebut tidak disarankan oleh dokter karena pada dasarnya mengonsumsi alkohol pada saat menyusui keputusan yang membahayakan bayi sehingga Ibu dianjurkan untuk menunggu hingga proses menyusui selesai.

Oleh: Nastiti Primadyastuti

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading