Sukses

Parenting

Kehamilan Minggu Ke-19

Ladies, parenting.com menyebutkan bahwa pada minggu kesembilan belas, bayi Anda sudah pandai beraksi layaknya seorang gymnast. Pada minggu kesembilan belas, dia memiliki tubuh sepanjang 9 inchi panjangnya. Dia juga memiliki berat badan sebanyak 7 ons.

Pada saat itu, bayi Anda sudah memiliki tangan dan kaki yang sudah seimbang proporsinya. Kemudian, syaraf motorik sudah mulai tumbuh dan menghubungkan otot tubuh dan otak. Dengan begitu, dia sudah mulai bisa mengatur gerakan.

Pada minggu kesembilan belas ini, bayi Anda mulai belajar untuk berguling-guling,menendang-nendang, bahkan menggeliat ketika mereka ingin. Di mulutnya mulai tumbuh cikal-bakal gigi. Dan, tulang-tulangnya mulai tumbuh.

Ladies, pada minggu kesembilan belas, seharusnya Anda mengalami kenaikan berat badan sebanyak 4 hingga 7 kilogram, yang terdiri dari; plasenta yang Anda kandung memiliki berat 6 ons, air ketuban seberat 11 ons, dan payudara seberat 12 ons.

Anda juga akan mengalami beberapa gejala kesehatan seperti pusing ketika berdiri dan jongkok.

Pada masa ini, Anda disarankan untuk tidak berendam di air panas. Suhu panas tersebut bisa mempengaruhi perkembangan bayi. Apabila Anda ingin memanjakan diri, maka berendamlah di air hangat kuku tidak lebih dari 10 menit.

Ladies, walaupun Anda harus menaikkan berat badan 4 hingga 7 kilo dan bisa membuat Anda cukup chubby, namun itu adalah hal terbaik bagi bayi Anda. Agar berat badan Anda masih terkontrol, maka Anda disarankan untuk mengkonsumsi sayuran, buah, gandum, dan susu rendah lemak.

Oleh: Nastiti Prima

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading