Sukses

Parenting

Peran Orang Tua Anak Penderita Asma

Anak Anda didiagnosa menderita asma di usianya yang masih kecil. Tentunya Anda menjadi sangat khawatir—orang tua mana yang tidak khawatir jika anaknya sakit. Anak Anda yang masih terlalu kecil ini belum bisa menangani serangan asma yang bisa terjadi tiba-tiba, dan Andalah, orang tua, yang memegan peranan penting disini.

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan bagi anak Anda yang masih kecil itu. Informasi ini dihimpun dari asthma.com.

Pertama, konsultasi rutin dengan dokter diperlukan untuk menentukan seberapa parah asma anak Anda dan bagaimana Anda harus menghadapinya. Kemudian, cari tahu pemicu asma anak Anda—apakah alergi atau pemicu asma yang lainnya. Jauhkan anak Anda dari kontak dengan hal-hal tersebut.

Bedakan antara pengobatan jangka panjang dan jangka pendek. Pengobatan jangka pendek ini seperti inhaler, yang digunakan untuk meredakan asma yang kambuh. Pastikan Anda tahu apa yang harus digunakannya di waktu yang tepat. Anak yang masih kecil akan membutuhkan nebulizer, dan yang sudah beranjak besar baru bisa memakai inhaler. Gunakan dosisnya sesuai resep dokter.

Penting bagi Anda untuk menuliskan langkah-langkah penanganan asma jika sewaktu-waktu asmanya kambuh. Ini disebut Asthma Action Plan. Beritahukanlah pada kerabat Anda dan guru-guru jika anak Anda sudah bersekolah.

Pastikan orang-orang disekeliling anak Anda sudah mengerti tentang asma yang dideritanya—keluarga dan guru sekolahnya—sehingga mereka akan membantu anak Anda supaya terhindar dari pemicu yang dapat membuat asmanya kambuh.

Oleh: Zurriat Nyndia

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading