Sukses

Parenting

Benarkah Susu Formula Membuat Bayi Lebih Gampang Tidur?

Benarkah menyusui buah hati anda dengan susu formula membuatnya lebih mudah ditenangkan dan ditidurkan? Mitos ini setengah benar dan setengahnya salah. Pada intinya, air susu ibu dan susu formula memiliki sebuah perbedaan yang besar yaitu, air susu ibu lebih mudah dicerna oleh bayi karena telah sedemikian rupa dipersiapkan oleh tubuh anda untuk buah hati tercinta.

Menurut webmd.com, air susu ibu memang lebih mudah dicerna oleh sistem pencernaan bayi. Dan ini sebabnya bayi seringkali lebih cepat lapar ketika disusui dengan air susu ibu daripada menggunakan susu formula.

Sebaliknya, meskipun susu formula memiliki komposisi yang disempurnakan dan terus dikembangkan, protein yang berada dalam susu formula memerlukan waktu yang lebih lama untuk dapat dicerna oleh buah hati anda.

Ketika bayi kenyang dan tertidur, pencernaannya pada saat itu sedang menyerap nutrisi dari susu yang diminumnya. Semakin lama waktu yang diperlukan untuk menyerap nutrisi, semakin lama pula buah hati anda akan tertidur.

Maka dari itu, sebenarnya memberikan air susu formula pada buah hati anda bukannya membuatnya tidur lebih lelap, tapi hanya lebih lama akibat proses pencernaan mengurai protein susu yang kemudian diserap oleh buah hati anda, Ladies.

Namun tidak perlu takut, Ladies. Hal ini wajar kok terjadi pada buah hati anda. Bila anda memang harus memberikan air susu formula pada buah hati anda, reaksi ini tidak akan menyebabkan masalah kesehatan apapun pada buah hati anda.

Mamor Adi P

   

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading