Sukses

Parenting

Beberapa Cara Merawat Puting Susu Selama Menyusui

Menyusui adalah saat-saat yang terlalu berharga untuk dilewatkan. Dalam menyusui, terdapat banyak sekali manfaat yang dapat dirasakan oleh ibu dan juga bayinya. Bayi yang disusui tersebut dapat mendapatkan nutrisi yang paling baik yang memang ditujukan untuknya. Ibu yang menyusui dapat juga merasakan beberapa manfaat dari proses ini, seperti dapat membangun ikatan emosional dengan bayinya dan terhindar dari penyakit payudara.

Selama anda masih dalam masa-masa menyusui, puting susu yang anda gunakan untuk menyusui tersebut haruslah anda jaga dan rawat sebaik mungkin. Jika tidak, puting susu anda bisa saja luka dan anda menjadi tidak nyaman selama proses menyusui berlangsung. Ketidaknyamanan anda dapat pula memperngaruhi kenyamanan bayi anda selama manyusui.

Oleh sebab itulah, wikihow.com mempunyai beberapa cara yang ampuh yang dapat anda terapkan untuk menjaga puting susu anda selama masa-masa menyusui berlangsung. Terdapat 4 cara yang anda harus ikuti di sini.

Cara pertama adalah sebisa mungkin anda menghindari penggunaan sabun, krim dan losion pada putting susu anda. Penggunaan beberapa produk ini dapat menyebabkan puting susu anda mengalami iritasi dan juga terluka.

Cara kedua adalah anda tidak dianjurkan untuk mengeringkan puting susu anda dengan handuk setelah mandi. Cara yang dianjurkan adalah dengan membiarkan puting susu anda kering sendiri dengan cara alami. Jika anda tidak sabar untuk menunggu puting susu anda kering secara alami, pastikan anda mengeringkannya dengan handuk yang halus.

Cara yang ketiga adalah dengan memastikan bahwa posisi anda selama proses menyusui sudah benar-benar tepat. Posisi yang salah dapat menyebabkan putting susu anda terluka.

Cara yang terakhir adalah jika puting susu anda terluka, cepat-cepatlah obati puting susu anda ini. Hal ini sangat penting untuk dilakukan agar luka di puting susu anda ini tidak akan bertambah parah sehingga menyebabkan infeksi.

Oleh    : Meilia Hardianti

   

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading