Sukses

Parenting

Kulit Gatal Setelah Persalinan Caesar

Ladies, menjalani operasi caesar tentu meninggalkan luka pada perut Anda ya. Luka tersebut kelamaan akan mengering dan sembuh. Namun beberapa bulan setelah itu apakah Anda merasa kulit di sekitar luka Andaterasa gatal?

Jika ya, jangan khawatir Ladies. Hal tersebut normal saja terjadi. Brett Coldiron, M.D clinical assistant professor of dermatology di University of Cincinnati menjelaskan bahwa hal tersebut terjadi karena saraf-saraf yang saat operasi terpotong itu mulai saling menyambung lagi ujung-ujungnya sehingga timbul rasa gatal.

Menurut pregnancy.about.com, nantinya ujung-ujung saraf yang mulai tersambung itu akan membentuk jaringan saraf seperti sedia kala sehingga luka Anda yang awalnya bersifat mati rasa akan mulai terasa seperti kulit normal. Wah berarti rasa gatal yang timbul merupakan sinyal kesembuhan tingkat dalam pada luka bekas operasi caesar donk? Memang iya, Ladies.

Selain ujung saraf yang mulai menyambung, bulu-bulu yang tumbuh di sekitar luka tersebut juga menandakan kesembuhan. Tapi, rasanya sungguh mengganggu karena menambah rasa gatal Anda, Ladies. Oleh karena itu, gunakan sabun yang mild dan krim hydrocortisone setelah mandi. Jangan terlalu menggosok area luka tersebut ya Ladies.

Walaupun rasa gatal ini normal, tapi jangan dibiarkan juga. Bila sampai bulan ke enam Andaterus merasa gatal, wah sebaiknya Anda perlu menemui dokter Anda untuk berkonsultasi, ya.

Oleh: Asa Pilar

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading