Sukses

Parenting

Benarkah ASI Sebabkan Gigi Rusak?

Banyak orang menyalahkan pemberian ASI untuk membuat bayi tertidur karena hal tersebut membuat gigi buah hati Anda rusak atau berlubang. Akan tetapi penelitian terbaru seperti yang dilansir dari breastfeeding.asn.au, menyatakan bahwa hal tersebut tidak benar.

Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa pemberian ASI atau menyusui justru dapat melindungi gigi buah hati Anda dari berbagai kerusakan karena ASI memiliki peran penting dalam pertumbuhan gigi anak. Antibodi yang terdapat pada gigi tersebut membantu menghalangi pertumbuhan bakteri yang menyebabkan kerusakan pada gigi anak.

ASI beda dengan susu formula. Sangatlah berbeda efek yang didapat anak dari menyusui dan minum susu botol. Saat anak meminum susu formula menggunakan botol, susu akan keluar tepat di sekitar gigi mereka sementara jika ia disusui ibu, ASI akan keluar tepat di bagian belakang mulut buah hati Anda.

Terlebih lagi, susu formula dalam botol pun akan terus keluar jika anak tertidur saat menyusu sementara ASI tak akan keluar jika tidak dihisap jadi tak perlu khawatir jika anak Anda tertidur saat menyusui.

Apakah nenek moyang kita menderita sakit gigi?

Orang jaman dulu jarang mengalami masalah dengan gigi mereka karena mereka hanya mendapatkan ASI tanpa susu formula. Jadi yuk tetap beri ASI buah hati Anda tanpa perlu merasa khawatir akan kerusakan pada gigi buah hati Anda!

Oleh: Atik Ulinuha

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading