Sukses

Parenting

Menyusui Menurunkan Resiko Stress Setelah Melahirkan

Banyak wanita mengalami stress atau tertekan setelah melahirkan. Hal ini disebut postpartum depression dan sangatlah wajar untuk dialami oleh wanita, Ladies. Postpartum depression seringkali terjadi setelah ibu melahirkan dan ditandai dengan hipersensitivitas, gampang tersinggung, menutup diri dan sulit bergaul. Meskipun dinilai wajar menyerang wanita, postpartum depression seringkali menyebabkan stress yang berkepanjangan.

Untungnya, Ladies, para ahli menemukan hubungan antara postpartum depression dan menyusui. Diketahui, saat ini, dalam tulisan di babycenter.com, menyusui mampun membantu ibu melewati postpartum depression dan bahkan bisa mengurangi resiko masalah tersebut muncul pada ibu yang baru melahirkan.

Banyak wanita mengaku bahwa menyusui membuat mereka merasa lebih nyaman dan lebih tenang. Hal ini karena ketika anda dekat dengan buah hati anda, terutama ketika bersentuhan langsung pada saat menyusui, tubuh anda memproduksi oxytocin lho, Ladies. Oxytocin ini adalah hormon yang bertanggung jawab atas perasaan nyaman dan tenang serta membantun proses melahirkan. ketika tubuh anda menghasilkan cukup oxytocin pada proses melahirkan, resiko pendarahan akan lebih kecil dan postpartum depression juga memiliki resiko yang lebih kecil pula.

Studi menemukan bahwa mereka yang memiliki tingkat oxytocin yang tinggi dalam tubuhnya cenderung lebih tenang dan lebih mudah mengendalikan pikiran, terutama ketika berhubungan dengan buah hatinya. Maka dari itu, menyusui adalah sebuah praktek yang aman dan pasti untuk melewati fase depresi paska melahirkan dan kembali menjadi diri anda yang sebelumnya, Ladies.

Oleh: Mamor Adi P

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading