Sukses

Parenting

Apa Tanda Bayi yang Ingin Bersendawa?

Sendawa tidak bisa dilakukan sendiri oleh bayi yang baru lahir hingga mencapai usia tertentu. Bantuan dari orang dewasa disekitarnya sangat dibutuhkannya agar udara tersebut dapat keluar, setelah dia kenyang menyusu ASI atau susu formula.

Anda tidak tahu kapan bai akan bersendawa. Anda hanya bisa mengira-ngira waktunya yaitu setelah menyusui. Apakah ada tanda lainnya ketika dia ingin bersendawa? Terdapat tiga tanda yang dapat Anda perhatikan bila bayi Anda ingin bersendawa yang ditulis di livestrong.com.

•    Menggeliat atau menggerakkan badannya
Sejenak setelah bayi selesai menyusu, dia biasanya akan menggeliat atau menggerakkan dan meregangkan badannya ke kanan dan kiri. Bahkan dia bisa menendang-nendang dan meregangkan tangannya lebar-lebar. Tanda ini bisa mengindikasikan perutnya yang terasa tidak nyaman.

•    Menolak untuk menyusu
Saat Anda mengganti posisi payudara di tengah proses menyusui, dia mungkin tidak akan langsung menyusu pada payudara kembali. Atau, jika menyusu pada susu formula, dia berhenti menghisap botol. Ekspresi ini bisa dibarengi dengan sikapnya yang mulai rewel. Segera hentikan menyusuinya dan posisikan dia untuk bersendawa.

•    Ekspresi sedih dan tidak nyaman
Ekspresi ini menunjukkan bahwa dia tidak nyaman karena suatu hal. Jika dia menunjukkan ekspresi ini setelah kenyang—dimana seharusnya dia terlihat tenang karena kenyang—bantulah dia untuk bersendawa. Jika hal ini Anda abaikan, dia akan menangis jika sudah merasa sangat tidak nyaman.

Oleh: Zurriat Nyndia


(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading