Sukses

Parenting

Bolehkah Mengkonsumsi Alkohol Pada Saat Menyusui?

Alkohol memang memiliki dampak yang kurang baik terhadap tubuh manusia. Akan tetapi apa yang harus dilakukan jika orang tersebut sudah kecanduan? Terlebih lagi, mereka adalah para ibu yang tengah menyusui putra maupun putri mereka.

Sebuah penelitian yang dilansir oleh babycenter.com menunjukkan bahwa bayi yang mengkonsumsi ASI dari ibu yang mengkonsumsi alkohol mengalami masalah perkembangan motoric pada saat menginjak usia satu tahun.

Hasil tentunya menjadi bukti betapa buruknya dampak alkohol terhadap perkembangan anak. Selain itu, konsumsi alkohol oleh ibu yang tengah menyusui akan berdampak langsung kepada bayi tersebut.

Meski hanya dalam jumlah yang sangat kecil, namun liver bayi masih belum bisa untuk mencerna alkohol seperti halnya liver orang dewasa. Bahkan, nayi yang berusia tiga bulan saja baru bisa mencerna 20 persen dari jumlah alkohol yang bisa dicerna oleh orang dewasa.

Jika seorang ibu mengkonsumsi alkohol pada saat menyusui, maka akan terjadi perubahan sikap yang ditunjukkan oleh bayi tersebut. Mereka akan cenderung lekas tertidur sesaat setelah menyusu. Selain itu, bayi tidak akan bisa tidur dengan nyenyak. Periode tidur bayi akan lebih pendek dari biasanya.

Untuk itu, dokter menyarankan agar ibu yang tengah menyusui menghindari konsumsi alkohol. Jika memang sangat terpaksa tidak bisa menghindari alkohol, maka ibu diharapkan untuk bersabar hingga usia bayi mereka mencapai tiga bulan pada saat liver sudah bisa mencerna sebagian kecil dari alkohol tersebut.

Wahyu Wienanda


(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading