Sukses

Parenting

Menyusui Dan Konsumsi Suplemen Vitamin D

Ketika sedang dalam masa menyusui, anda wajib memperhatikan makanan apa saja yang masuk ke tubuh anda untuk memastikan agar tubuh anda terpenuhi segala kebutuhan nutrisinya.

Terpenuhinya semua nutrisi ini penting karena anda tak hanya makan untuk kebutuhan diri anda sendiri, tetapi juga untuk bayi anda yang masih sangat tergantung pada ASI yang anda produksi. Dari banyaknya nutrisi yang diperlukan, vitamin D merupakan salah satu yang harus tersedia cukup dalam tubuh.

Vitamin D merupakan vitamin yang biasanya dikaitkan dengan sinar matahari. Vitamin ini penting gunanya bagi tubuh, terutama untuk kesehatan tulang dan gigi.

Menurut sumber dari situs www.babycentre.co.uk, bayi mendapatkan asupan vitamin D yang penting bagi pertumbuhan tulang dan giginya langsung dari sang ibu. Sehingga, disarankan agar para ibu menyusui mengkonsumsi minimal 10 micrograms (mcg) vitamin D, baik yang berasal dari suplemen vitamin ataupun dari makanan sehari-hari.

Menurut situs ini, mengkonsumsi suplemen vitamin D tidak akan menggangu ataupun memiliki efek yang merugikan kegiatan menyusui anda. Bahkan, jika sejak mengandung anda sudah secara rutin mengkonsumsinya, disarankan agar anda meneruskan kebiasaan tersebut pada saat menyusui. Namun, jangan lupa untuk tetap berkonsultasi pada dokter anda dulu, ya.

Selain itu, karena vitamin D ini akan diproduksi tubuh ketika anda terekspos sinar matahari, biasakanlah untuk secara rutin berjalan-jalan atau berolah raga di bawah sinar matahari, terutama di pagi hari. Karena selain mampu menyuplai tubuh anda dengan vitamin D yang cukup, kegiatan ini akan membuat tubuh anda menjadi lebih fit.

Penulis: Alfi Suci D.



(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading