Sukses

Parenting

Tips Untuk Membuat Bayi Bersendawa

Bersendawa merupakan suatu hal yang penting bagi bayi. Gas atau udara yang terhimpun dalam tubuhnya didapatkannya pada saat proses menyusu atau minum dari botol. Udara tersebut harus dikeluarkan untuk menghindari ketidaknyamanan yang dapat membuatnya mengalami masalah kesehatan dan tentu saja dia akan rewel.

Karena si kecil tidak bisa bersendawa sendiri, maka dibutuhkan bantuan dari orang dewasa di sekitarnya. Bagi Anda, ada tips bagaimana cara untuk membuat bayi bersendawa. Situs livetrong.com menyediakan cara yang dapat Anda lakukan dalam 5 tips untuk membuatnya bersendawa.

1.    Bayi ASI tidak perlu disendawakan sebanyak yang dilakukan pada bayi yang mengonsumsi susu formula. Bagi bayi dengan susu formula, sendawakanlah dia setiap dia selesai mengonsumsi 2 hingga 3 ounce susu formula. Jika bayi ASI, Anda dapat mencoba menyendawakannya tiap selesai menyusui. Saat dia rewel karena mulai merasa tidak nyaman, jangan terus memberi susu padanya, karena akan semakin banyak udara yang masuk dan dia akan semakin susah untuk bersendawa.

2.    Posisikan bayi dalam posisi tegak—tentunya dengan ditopang dengan aman di gendongan, Posisi ini akan memudahkannya untuk bersendawa. Tepuk punggungnya secara perlahan.

3.    Tepuk-tepuk punggungnya dan Anda dapat mengayunnya di gendongan .

4.    Kekuatan tepukan Anda akan mempengaruhi seberapa cepat dia bersendawa. Tentunya jangan terlalu ringan ataupun keras. Mulailah dengan tepukan yang ringan, kemudian perlahan tingkatkan ritme tepukan pada punggungnya. Anda juga dapat menggosok-gosok punggungnya.

5.    Jika belum berhasil, rubahlah posisinya seperti mendudukkannya di pangkuan Anda dan ayunkan dia perlahan.

Oleh: Zurriat Nyndia


(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading