Sukses

Parenting

Membersihkan Wajah Bayi

Bayi memiliki cara merawat yang berbeda dengan orang dewasa. Bayi yang baru saja lahir tidak perlu untuk mandi setiap hari. Menurut livestrong.com memandikan bayi anda lebih dari tiga kali setiap satu minggunya bisa menjadikan kulit bayi anda kering

Anda yang memiliki bayi yang masih belum berumur satu tahun, anda tidak perlu memandikan si bayi setiap harinya. Anda hanya perlu membersihkan popok dan wajahnya setiap hari tanpa perlu memandikannya secara sering. Inilah beberapa hal yang bisa anda lakukan saat membersihkan bayi tanpa memandikkannya.

  1. Basahi kain lap lembut atau dengan menggunakan kapas bersih dengan air hangat. Seka bayi anda dengan lembut. Usap bagian mata dari sudut dalam, lalu ke dekat hidungnya, ke sudut luar.
  2. Cuci bagian lain wajah dari bayi anda, usap muka dengan pelan menngunakan kain atau kapas yang baru. Jangan menggunakan sabun selain sabun yang sudah direkomendasikan oleh dokter anda.
  3. Jangan menggosok kulit bayi Anda saat membersihkan muka si bayi. Setelah selesai dibersihkan, keringkan bagian di sekitar matanya, hidung dan mulut bayi hingga kering.
  4. Cuci belakang bayi Anda, termasuk telinga, dan bagian luar telinga dengan kain lap bayi. Jangan pernah meletakkan jari anda, kapas atau apa pun ke dalam telinga bayi anda.
  5. Setelah wajah bayi bersih, usap bagian dagu, dan lehernya dengan lembut. Bersihkan daerah ini sering-sering mungkin, karena pada bagain ini banyak kotoran yang menempel pada liur bayi.

Perlu dicermati ketika anda memberikan bayi anda, saat memandikan anak cucilah mukanya terlebih dahulu sebelum memandikan si bayi.

Oleh: Nastiti Primadyastuti

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading