Sukses

Parenting

Bayi Prematur Rentan Penyakit Kuning

Hai, Ladies, apa kabarnya? Semoga selalu baik ya. Yuk kita intip artikel kesehatan yang satu ini.

Ya, kali ini kita akan membahas mengenai bayi yang terlahir prematur. Bayi terlahir prematur berarti ia terlahir sebelum waktunya.

Nah, yang pasti, ia akan memiliki beberapa risiko untuk menderita penyakit-penyakit tertentu. Jaundice atau yang sering kita sebut sebagai penyakit kuning adalah salah satunya.

Babycenter.com juga mendukung pernyataan ini. Dikatakan bahwa bayi yang terlahir prematur akan cenderung memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk menderita penyakit kuning daripada mereka yang terlahir tepat pada waktunya.

Hal ini tentunya sangat bisa dipahami. Kondisi hati yang masih belum siap dipaksa untuk menjalankan tugasnya. Nah, kondisi hati yang seperti inilah yang menyebabkan hati tidak bisa membuang zat sisa dari darah, bilirubin.

Kondisi ini semakin diperparah dengan kondisi bayi yang sangat sensitif dengan bilirubin yang berlebihan di dalam tubuh. Nah, inilah sebenarnya yang dikhawatirkan ketika liverĀ  tidak bisa melaksanakan fungsinya dengan baik. Efeknya akan sangat cepat sekali nampak di tubuh mereka.

Apa saja perubahan yang akan terjadi ketika bilirubin ini berlebihan di dalam tubuh mereka? Ya, yang pasti adalah kulit anak akan nampak lebih kuning. Tidak hanya kulit, mata mereka juga akan berubah menjadi kekuning-kuningan.

Kebanyakan kasus penyakit kuning ini memang tidak terlalu berbahaya. Namun, ada satu hal yang harus diketahui. Jika kandungan bilirubin di dalam tubuh bayi sudah sangat berlebihan, dapat menyebabkan kerusakan pada otak.

Nah, solusinya yaitu, bisa dengan menempuh phototherapi yang bisa menurunkan kadar bilirubin atau bisa dengan transfusi darah.

Oleh: Septia Ningrum


(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading