Sukses

Parenting

Apa Itu Poor-Feeding Baby?

Apakah Anda pernah mendengar istilah Poor-Feeding Baby, ladies? Apabila Anda memiliki bayi, hendaknya Anda mencermati artikel berikut ini.

Poof-feeding baby adalah keadaan dimana bayi dan balita memiliki nafsu makan yang rendah– tidak terlalu tertarik untuk menyusui dan makan makanan pendamping lainnya sehingga dia tidak mendapatkan nutrisi yang cukup untuk tumbuh kembangnya. Poor-feeding ini juga dapat terjadi pada bayi dan balita yang menyusui dan makan dengan lahap, tapi sering muntah atau diare setelahnya, menurut situs livestrong.com.

Bayi yang tidak mendapatkan asupan makanan yang cukup akan menunjukkan perilaku yang mudah terganggu dan rewel, bahkan sering menangis dengan tiba-tiba. Selain itu, tentunya akan terjadi penurunan berat badan yang cukup signifikan pada bayi Anda. Kadang dia malah akan menolak untuk mnyusu, namun kadang juga tampak selalu lapar tapi setelahnya dia kan menangis. Faktor lain juga bisa karena adanya gas dan sembelit.

Faktor penyebabnya adalah bayi memiliki keadaan tidak normal pada sistem pencernaannya—perutnya hanya bisa menampung makanan dalam jumlah kecil. Sehingga makanan tidak dapat dicerna semua secara sempurna dan akhirnya sebagiannya dimuntahkan kembali.

Tapi, Anda juga harus memperhatikan masalah lain yang mungkin menjadi penyebab kurangnya asupkan ASI pada bayi Anda, misalnya posisi menyusui yang salah dan bayi yang memiliki masalah kesehatan mulut yang membuatnya tidak nyaman saat menyusu pada ibu.

Kondisi ini perlu segeral Anda periksakan ke dokter. Dokter akan memberikan pengobatan berdasarkan penyebabnya, apakah memang memiliki kelainan di sistem pencernaannya. Menurut pusat kesehatan University of Maryland, dokter bahkan juga akan mempertimbangkan riwayat kesehatan keluarga hingga melakukan test darah dan rangkaian tes kesehatan lainnya.

Oleh : Zurriat Nyndia


(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading