Sukses

Parenting

Hindari Kopi dan Cokelat Saat Menyusui

Ladies sekalian, pada saat anda menyusui pasti anda akan disarankan untuk mengonsumsi berbagai macam makanan agar bayi anda mendapat banyak asupan nutrisi. Namun, tampaknya tidak semua makanan aman untuk anda konsumsi sebab menurut babyzone.com kopi dan coklat harus dihindari oleh ibu menyusui, apa penyebabnya?

Ladies sekalian pasti sudah mengetahui fakta bahwa kopi mengandung kafein. Namun, tahukah ladies bahwa kafein tak hanya terkandung dalam kopi tapi juga terdapat dalam cokelat? Kandungan kafein pada cokelat adalah sekitar 5 hingga 35 mg, sedangkan kandungan kafein pada kopi mencapai 135 mg per cangkirnya.

Sebagian dari kafein yang terkandung dalam kopi dan cokelat yang anda konsumsi dapat mengalir dalam ASI anda. Oleh karena pencernaan bayi belum sempurna, maka kafein yang secara tidak langsung terkonsumsi oleh bayi anda akan menyebabkan beberapa penyakit. Salah satunya adalah gangguan pencernaan seperti mag atau diare.

Lebih lanjut, kafein yang tidak tercerna sempurna menyebabkan bayi anda susah tidur. Padahal, layaknya anda yang juga lelah dan butuh istirahat, bayi anda juga butuh banyak tidur pada awal pertumbuhannya. Jika bayi anda susah tidur, maka mereka akan menjadi lebih rewel daripada biasanya yang tentunya akan merepotkan anda.

Jika ladies tak ingin sesuatu yang buruk terjadi pada anda, sebaiknya anda menghindari atau paling tidak mengurangi jumlah kopi dan cokelat yang anda konsumsi. Kalau bayi anda sedang sakit lalu menangis dan rewel, anda juga kan yang repot mengurusnya?

Oleh Lies Nureni


(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading