Sukses

Parenting

Pertanyaan Seputar Menyusui

Ladies, ingin tahu pertanyaan apa saja yang sering ada di pikiran pada ibu menyusui? Berikut beberapa pertanyaan dan jawaban yang mungkin bermanfaat bagi Anda, dikutip dari my-natural-motherhood-journey.com.

Apakah menyusui membuat payudara melorot?

Menurut lembaga operasi plastik Amerika, menyusui tidak membuat payudara turun.

Setidaknya ada tiga hal yang membuat payudara turun pada masa kehamilan dan menyusui. Ketiga hal itu adalah kenaikan berat badan saat hamil, ukuran payudara saat hamil, dan perubahan ligamen pad apayudara menyebabkan payudara turun

Makanan apa saja yang harus dikonsumsi oleh ibu menyusui?

Secara umum, seorang ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang seimbang, seperti 4 sehat 5 sempurna.

Namun, para ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi banyak serat, protein, dan vitamin agar asupan nutrisi bagi ibu dan bayi terpenuhi.
Kemudian, ibu hamil disarankan untuk menghindari makanan yang bisa membuat bayi mereka alergi. Alergi pada bayi bisa terlihat setelah 2 jam menyusui.

Apakah boleh memberi bayi kita air (mineral)?

WHO dan American Academy of Pediatrics (di Indonesia Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia) merekomendasikan para ibu untuk memberikan ASI eksklusif kepada bayi mereka. Dengan demikian, bayi tidak disarankan untuk mengkonsumsi apapun selain ASI.

Sebaiknya para ibu memberikan ASI eksklusif kepada bayi mereka selama 6 bulan pertama. Namun, akan lebih baik apabila pemberian ASI eksklusif dilakukan selama 2 tahun.

Selain itu, bayi tidak membutuhkan air mineral, karena 88% ASI adalah air. Pada beberapa kasus di daerah tropis, pemberian air putih pada bayi bisa meningkatkan kadar bilirubin dalam tubuh bayi, keracunan, malnutrisi, dan penurunan berat badan.

Oleh: Nastiti Prima


(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading