Sukses

Parenting

Bisakah Menyusui Setelah Operasi Sesar?

Banyak ibu mungkin sering bertanya-tanya tentang apakah ia bisa menyusui buah hatinya setelah melahirkan dengan cara operasi. Tentusaja jawabannya adalah iya Anda bisa! Tak ada alasan bagi Anda untuk tak dapat menyusui buah hati Anda sendiri bukan? Terlebih ada suami anda di sisi anda selalu memberi dukungan untuk anda. Jadi apa yang Anda takutkan untuk menyusui anak Anda sendiri?


Dirujuk dari breastfeeding.asn.au, setelah Anda melahirkan, bicaralah pada dokter Anda bahwa Anda ingin segera menyusui buah hati Anda. biasanya, tak peduli obat bius macam apa yang telah Anda konsumsi, itu tak akan mempengaruhi buah hati Anda. Yang paling penting adalah, sebisa mungkin, buatlah buah hati Anda lebih sering bersama Anda dari pada orang lain.


Ada beberapa pendapat bahwa ASI ibu yang melahirkan melalui operasi akan lebih lambat keluarnya. Penelitian juga menunjukkan bahwa bayi yang dilahirkan melalui operasi sesar akan butuh waktu lebih lama untuk memulihkan berat badannya dari pada bayi yang lahir secara normal. Akan tetapi Anda tak perlu khawatir karena bedanya hanyalah beberapa hari saja dan tidak memiliki efek jangka panjang. Yang penting Anda masih bisa memberinya ASI sama seperti bayi yang dilahirkan secara normal.


Jadi yuk tetap beri ASI eksklusif pada buah hati Anda baik yang dilahirkan secara normal maupun melalui operasi sesar!

Oleh: Atik Ulinuha

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading