Sukses

Parenting

Yuk Perbanyak Konsumsi Kalsium Saat Menyusui I

Memberikan yang terbaik bagi buah hati adalah kewajiban bagi setiap orang tua di dunia ini. Tidak perlu sesuatu yang mahal untuk dapat memberikan yang terbaik. Anda cukup memberikan asupan nutrisi yang cukup saat anda hamil hingga menyusui.

Salah satu nutrisi yang dibutuhkan baik bagi anda maupun bayi anda adalah kalsium. Kalsium sangat dibutuhkan bayi untuk pembentukan tulang dan gigi yang kuat. Selain itu, kalsium juga baik bagi tubuh anda sendiri terutama pada saat menyusui si kecil.

Menurut babyzone.com, kadar kalsium dalam tubuh anda berkurang sangat banyak pada saat menyusui. Hal ini disebabkan oleh tubuh anda yang memberikan asupan kalsium yang diperlukan bagi bayi anda. Selain itu, setelah melahirkan kadar esterogen dalam tubuh anda akan berkurang drastis.

Kadar kalsium dan kadar esterogen yang rendah inilah yang menyebabkan wanita jarang hamil ketika menyusui. Lebih lanjut, kadar kalsium yang rendah pada tubuh anda akan menyebabkan kepadatan tulang anda berkurang. Sebanyak 3 hingga 5 % kepadatan tulang anda akan berkurang pada 10 hingga 18 minggu menyusui.

Maka dari itu, agar kadar kalsium tubuh anda tetap seimbang, anda harus mengonsumsi makanan yang kaya akan kalsium serta suplemen untuk menambah kalsium. Para ahli menganjurkan ibu menyusui untuk mengonsumsi kalsium setidaknya sekitar sebanyak 1200 mg per hari.

Oleh Lies Nureni

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading